Connect with us

Berita Terbaru

Musrenbang RKPD 2023; Pemkab Lebak Genjot Empat Prioritas Pembangunan

Published

on

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, Sekda Lebak, Budi Santoso, Kepala Bapelitbangda, Virgojanti saat foto bersama dengan para pemenang LINDA dan Musrenbang Awards 2022 usai pembukaan acara Musrenbang RKPD 2023. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Lebak- Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan atau Bapelitbangda Kabupaten Lebak menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD 2023, Senin, 28 Maret 2022.

Acara yang berlangsung daring dan luring ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi di Aula Multatuli Kabupaten Lebak.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Lebak, Virgojanti menjelaskan Musrenbang bertujuan untuk menyepakati permasalahan, prioritas, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, target kinerja pembangunan daerah.

Tak hanya itu, lanjut Virgojanti, Musrenbang juga merupakan sarana penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

BACA :  Ibu Siswa SMP Pembunuh Eno Parihah Jatuh Sakit

“Serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan,”kata Virgojanti kepada BantenHits.

Kata Virgojanti, Musrenbang yang digelar selama dua hari ini juga berlandaskan UU nomor 25 tahun tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN), UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

“Tema yang diangkat akselerasi pertumbuhan industri pariwisata untuk pemulihan ekonomi. Tema tersebut selanjutnya diimplementasikan melalui 4 prioritas pembangunan,”katanya.

Empat prioritas pembangunan itu, tutur Virgojanti, masing-masing meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, meningkatan kualitas infrastruktur dengan tetap memelihara kualitas lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah daerah.

BACA :  Pemkab Serang Defisit Anggaran Rp130 Miliar, Pjs Bupati: Ada Selisih

Keempat prioritas pembangunan itu juga, menurut Virgojanti akan mendongkrak kekurangan capaian RPJMD yang baru 89,5 persen.

“Berarti dalam kurun waktu dua tahun terakhir ada 10,5% lagi capaian RPJMD yang harus kita selesaikan bersama,”tuturnya.

“Memperhatikan kondisi tersebut sudah barang tentu kita harus segera melakukan langkah – langkah dalam rangka perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produktivitas daerah dengan bidang pariwisata sebagai lokomotif penggeraknya,”sambungnya.

Sementara Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi berharap para peserta Musrenbang bisa mengikuti kegiatan sampai akhir dan menuangkan berbagai aspirasi dalam forum tersebut.

“Tolong OPD hadir di sini (Musrenbang) sampai selesai. Forum ini momentum untuk menyelaraskan, menumpahkan ide agar target pembangunan 2024 bisa tercapai,”tandasnya.

BACA :  Hambat Incumbent, Pemkab Lebak Diminta Hapus Syarat Cakades Soal PBB

“Tahun 2023 menjadi tahapan terakhir pembangunan sehingga akan difokuskan dalam upaya mewujudkan visi pembangunan yang diamanatkan dalam dokumen RPJMD,”tambah Ade.

Hal serupa juga dikatakan Sekda Lebak, Budi Santoso. Pihaknya meminta agar seluruh pihak menuangkan berbagai ide dan gagasan dalam Musrenbang RKPD 2023.

“Semuanya harus ikut diskusi ini. Tuangkan semua ide dan gagasan agar tugas kita dalam mewujudkan visi-misi bupati dan wakil bupati Lebak bisa terwujud,”tandasnya.

Untuk diketahui dalam acara tersebut juga diselenggarakan penyerahan penghargaan LINDA 2022 dan Musrenbang Awards 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler