Musrenbang RKPD 2023; Pemkab Lebak Genjot Empat Prioritas Pembangunan

Date:

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, Sekda Lebak, Budi Santoso, Kepala Bapelitbangda, Virgojanti saat foto bersama dengan para pemenang LINDA dan Musrenbang Awards 2022 usai pembukaan acara Musrenbang RKPD 2023. (Bantenhits/Fariz Abdullah)

Lebak- Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan atau Bapelitbangda Kabupaten Lebak menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD 2023, Senin, 28 Maret 2022.

Acara yang berlangsung daring dan luring ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi di Aula Multatuli Kabupaten Lebak.

Kepala Bapelitbangda Kabupaten Lebak, Virgojanti menjelaskan Musrenbang bertujuan untuk menyepakati permasalahan, prioritas, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, target kinerja pembangunan daerah.

Tak hanya itu, lanjut Virgojanti, Musrenbang juga merupakan sarana penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

“Serta klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten/kota dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan,”kata Virgojanti kepada BantenHits.

Kata Virgojanti, Musrenbang yang digelar selama dua hari ini juga berlandaskan UU nomor 25 tahun tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional (SPPN), UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

“Tema yang diangkat akselerasi pertumbuhan industri pariwisata untuk pemulihan ekonomi. Tema tersebut selanjutnya diimplementasikan melalui 4 prioritas pembangunan,”katanya.

Empat prioritas pembangunan itu, tutur Virgojanti, masing-masing meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, meningkatan kualitas infrastruktur dengan tetap memelihara kualitas lingkungan hidup dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah daerah.

Keempat prioritas pembangunan itu juga, menurut Virgojanti akan mendongkrak kekurangan capaian RPJMD yang baru 89,5 persen.

“Berarti dalam kurun waktu dua tahun terakhir ada 10,5% lagi capaian RPJMD yang harus kita selesaikan bersama,”tuturnya.

“Memperhatikan kondisi tersebut sudah barang tentu kita harus segera melakukan langkah – langkah dalam rangka perbaikan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan produktivitas daerah dengan bidang pariwisata sebagai lokomotif penggeraknya,”sambungnya.

Sementara Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi berharap para peserta Musrenbang bisa mengikuti kegiatan sampai akhir dan menuangkan berbagai aspirasi dalam forum tersebut.

“Tolong OPD hadir di sini (Musrenbang) sampai selesai. Forum ini momentum untuk menyelaraskan, menumpahkan ide agar target pembangunan 2024 bisa tercapai,”tandasnya.

“Tahun 2023 menjadi tahapan terakhir pembangunan sehingga akan difokuskan dalam upaya mewujudkan visi pembangunan yang diamanatkan dalam dokumen RPJMD,”tambah Ade.

Hal serupa juga dikatakan Sekda Lebak, Budi Santoso. Pihaknya meminta agar seluruh pihak menuangkan berbagai ide dan gagasan dalam Musrenbang RKPD 2023.

“Semuanya harus ikut diskusi ini. Tuangkan semua ide dan gagasan agar tugas kita dalam mewujudkan visi-misi bupati dan wakil bupati Lebak bisa terwujud,”tandasnya.

Untuk diketahui dalam acara tersebut juga diselenggarakan penyerahan penghargaan LINDA 2022 dan Musrenbang Awards 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...