Ketapang Aquaculture Akan Jadi Lokasi City Sanitation Summit ke-20, Ini Andil Perumdam TKR Kabupaten Tangerang

Date:

Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar bersama jajaran berfoto bersama seusai mengjadiri kunjungan Direktur Bank Dunia Marie Elka Pangestu di Ketapang Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. (Foto: Humas Perumdam TKR Kabupaten Tangerang)

Tangerang – Kabupaten Tangerang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan City Sanitation Summit atau CSS ke-20 tahun 2022.

Forum bergengsi tersebut akan digelar di Ketapang Aquaculture di Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang pada Agustus atau September 2022.

Ketapang Aquaculture adalah program pengentasan wilayah kumuh dengan memadukan lahan konservasi mangrove dengan hunian perkampungan pesisir yang memiliki sanitasi baik.

Sejumlah inovasi sanitasi yang telah dilaksanakan Pemkab Tangerang, akan dipaparkan dalam pelaksanaan City Sanitation Summit atau CSS ke-20 tahun 2022.

Beberapa inovasi yang akan Pemkab paparkan dalam CSS 2022 nanti seperti Sanitasi Berbasis Sekolah, Sanitasi Pondok Pesantren, dan Kurasaki.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Direktur Perumahan Pemukiman Bappenas meninjau Desa Ketapang. Bappenas memuji keberhasilan program Kabupaten Tangerang menyulap kawasan kumuh. Desa Ketapang pada Agustus atau September 2022 akan menjadi tempat digelarnya City Sanitation Summit ke-20. (Foto: tangerangkab.go.id)

Dukungan Perumdam TKR Kabupaten Tangerang

Direktur Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Sapar memastikan jajarannya mendukung penuh program Pemkab Tangerang di Desa Ketapang.

Hal tersebut disampaikan Sofyan Sapar saat menghadiri acara kunjungan Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Pangestu di Ketapang Aquaculture beberapa waktu lalu.

Kehadiran Perumdam TKR Kabupaten Tangerang dalam kegiatan ini sebagai bagian dari penataan kawasan dalam kaitannya pemenuhan fasilitas air bersih di area konservasi maupun masyarakat sekitar.

“Sejalan dengan program tersebut, Perumdam TKR berkomitmen mendukung program pemerintah, khususnya dalam pemenuhan air bersih bagi area konservasi dan masyarakat di sekitar kawasan tersebut,” kata Sofyan.

Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, lanjutnya, saat telah membangun boosterpump tepat di depan halaman kawasan mangrove untuk suplai air ke kawasan dan masyarakat.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar rapat kesiapan jelang pelaksanaan City Sanitation Summit ke-22 tahun 2022 bersama Pengurus Pusat  Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) yang dipusatkan Di Puspemkab Tangerang, Selasa, 29 Maret 2022.(Foto: tangerangkab.go.id)

Siap Gelar CSS ke-20

Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah CSS ke-20 tahun 2022.

Kesiapan jelang pelaksanaan City Sanitation Summit ke-20 tahun 2022 disampaikan dalam rapat Pengurus Pusat  Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) yang dipusatkan Di Puspemkab Tangerang, Selasa, 29 Maret 2022.

Para peserta rapat diterima Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Ruang Rapat Wareng Gedung Kantor Bupati Tangerang.

Zaki mengatakan Pemkab Tangerang beserta seluruh jajaran OPD yang dikomandoi oleh Bapeda siap menjadi tuan rumah yang baik. Berbagai persiapan dan pembenahan terkait  penyelenggaraan CSS Tahun 2022 terus dilakukan.

“Jadi sekali lagi dalam beberapa hal dan catatan penting mengenai CSS ini, mungkin ada beberapa agenda tambahan yang sebelumnya di tahun 2020 tidak ada, tapi tahun 2022 ini akan kita tambah agar bisa memperkaya program-program dan juga kegiatan di CSS 2022,” ungkap Zaki seperti dikutip BantenHits.com dari laman resmi tangerangkab.go.id.

Beberapa inovasi yang akan Pemkab paparkan dalam CSS 2022 nanti, lanjutnya, seperti Sanitasi Berbasis Sekolah, Sanitasi Pondok Pesantren, dan Kurasaki.

Menurut Zaki, program tersebut merupakan investasi masa depan. Program sanitasi bukan saja infrastruktur tapi juga merubah mindset serta pola hidup anak didik sebagai agent of change.

“Pelaksanaannya direncanakan antara Agustus akhir atau minggu pertama bulan September. Lokasi pelaksanaannya di ICE BSD. Kemudian untuk kunjungan, kita persiapkan di kawasan Desa Ketapang Kecamatan Mauk yang juga merupakan lokasi kunjungan untuk kegiatan PEMSEA pada bulan Oktober nanti,” katanya.

City Sanitation Summit merupakan ajang pertemuan untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi dan selanjutnya membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia agar Indonesia maju di tahun 2045.

Ketua AKKOPSI yang juga Walikota Jambi, Dr. H. Syarif Fasha ME, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bupati Tangerang serta jajarannya yang telah menyiapkan acara CSS 2022 di Kabupaten Tangerang dengan detail dan rapih.

“Saya yakin dan percaya penyelenggaraan CSS 2022 di kabupaten Tangerang ini akan digelar dengan sangat megah dan yang terbesar selama penyelenggaraan CSS selama ini,” kata Syarif Fasha.

Menurut Syarif, agenda penyelenggaraan CSS tahun 2022 sudah sangat ditunggu-tunggu karena sempat tertunda akibat pandemi. 

“Dengan komitmen dan dukungan dari seluruh pihak, baik itu AKKOPSI, pemerintah daerah, para mitra dan seluruh stakeholder, penyelenggaraan CSS kali ini akan jauh lebih baik dan lebih siap dari segala hal karena persiapannya jauh lebih matang”, kata Syarif Fasha. (ADVERTORIAL)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related