Kerja di Bank Digaji Rp 60 Juta Per Bulan Masih Ngerasa Kurang, Akhirnya Nekat Ngerampok Gara-gara Terlilit Utang

Date:

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto dan jajaran saat menyampaikan keterangan terkait percobaan perampokan di bank bjb KCP Cilandak. (Foto: Kompas.com)

Jakarta – Aksi percobaan perampokan di bank BJB Kantor Cabang Pembantu (KCP) Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 5 April 2022 berhasil digagalkan berkat aksi kolektif satpam, office boy dan petugas teller.

Pelaku percobaan perampokan itu diketahui BS (43). Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, BS merupakan seorang pegawai salah satu bank swasta.

“Dia pegawai bank swasta, posisinya cukup cukup bagus, yakni staf HRD. Kalau dilihat dari penghasilan atau gaji itu juga cukup besar, Rp 60 juta per bulan,” ujar Budhi di Mapolres Jaksel, Rabu, 6 April 2022 seperti dikutip BantenHits.com dari Kompas.com.

Budhi mengatakan, pelaku nekat melakukan percobaan perampokan karena sedang terlilit utang yang harus dibayarkan sebelum jatuh tempo pada Jumat, 8 April 2022.

“Yang bersangkutan ini terus dikejar (debt collector). Sebelum melakukan (perampokan), dia sudah melakukan survei Selasa pagi,” ucap Budhi.

Budhi menambahkan, berdasarkan keterangan pelaku dalam pemeriksaan bahwa dia memilih BJB karena suasana di sekitar lokasi relatif sepi.

“Di mana di daerah itu memang ada beberapa bank selain bank di daerah ini. Namun tersangka menentukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) ini karena sepi dan menganggap leluasa untuk beraksi,” ucap Budhi.

Sebelumnya, aksi percobaan perampokan di Bank Jabar-Banten (BJB) terjadi pada Selasa, sekitar pukul 14.30 WIB.

Peristiwa percobaan perampokan itu terjadi saat pintu rolling door BJB telah tertutup sebagian karena sudah melewati jam operasi.

Pelaku disebut beraksi seorang diri. Dia datang menggunakan mobil Daihatsu Xenia dan langsung masuk ke dalam bank sebelum mengeluarkan senjata.

Sekuriti berinisial F yang saat itu sedang berjaga mencoba menghalau dan berhasil menangkap pelaku bersama pekerja serta beberapa orang di dalam bank.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...