Connect with us

Berita Terbaru

Asik! Selama Ramadan Puskesmas di Pandeglang Layani Vaksinasi Malam Hari

Published

on

Warga Carita Pandeglang, saat mengikuti vaksinisasi di Puskesmas Carita. Selama Ramadan ini, seluruh Puskesmas di Kabupaten Pandeglang memberikan pelayanan vaksinasi malam hari. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat pada malam hari selama Ramadan ini. 

Seperti yang sudah dilakukan oleh UPT Puskesmas Carita, Kecamatan Carita, Pandeglang, yang membuka pelayanan vaksinasi untuk masyarakat mulai dari pukul 20.00 WIB sampai 21.00 WIB.

“Semua Puskesmas buka pelayanan vaksinasi setiap hari. Bahkan di beberapa PKM (puskesmas) juga sudah menjalankan vaksinasi malam hari,” ungkap Juru Bicara Satgas COVID-19, Samsudin, Rabu 6 April 2022.

Salah satu alasan pelayanan vaksinasi dilakukan malam hari, supaya kondisi warga yang hendak divaksin dalam kondisi fit karena sudah makan terlebih dahulu.

BACA :  Mahasiswa Banten Sebut Ada Pihak Tak Tersentuh Kejati dalam Lima Kasus Korupsi Kakap Ini, KPK Masih Bertaji?

“Karena memang sebaiknya sebelum vaksinasi harus sudah makan dulu. Kalaupun saat berpuasa diharapkan dilakukan pagi hari biar kondisinya masih fit,” katanya.

Ketika ditanya, bagaimana respons masyarakat soal vaksinasi malam hari, Samsudin mengaku, permohonan vaksinasi mulai banyak. Terlebih pasca pemerintah membolehkan mudik dengan syarat sudah vaksinasi Booster.

Masyarakat dengan kesadaran sendiri datang ke pelayanan vaksinasi yang ada di Pasyankes (Pusat Layanan Kesehatan).

“Karena vaksinasi Booster menjadi syarat mudik atau jalan-jalan keluar daerah atau kota lain, alhamdulillah permohonan vaksinasi Booster mulai banyak,” katanya.

Samsudin memastikan, ketersediaan Vaksin Booster di Pandeglang sementara ini masih cukup. Stoknya masih tersedia.

“Untuk stok kita menyesuaikan sasarannya karena ED (expired date) atau masa kadaluarsa pendek (tiga bulan berdasarkan BPOM). Jadi ntuk booster kita minta persediaan secara bertahap, Alhamdulillah cukup untuk booster di Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

BACA :  Ini Peran Empat Tersangka dalam Kasus Perburuan Rusa di Pulau Panaitan TNUK

Ia juga mengajak, kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin maupun yang sudah divaksin tapi belum lengkap atau belum dosis 2 dan 3, silahkan segera datang ke pusat pelayanan kesehatan terdekat setiap hari kerja.

“Alhamdulillah Pandeglang  sesuai keputusan Imendagri sudah masuk ke level 2. Kami berharap walaupun sudah level 2 tetap  menerapkan protokol kesehatan 3M, artinya jangan lengah tetap jaga kesehatan,” tuturnya.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Pandeglang itu juga mengimbau, bagi yang belum atau yang sudah divaksin tapi belum lengkap segera vaksinasi COVID-19.

“Terutama bagi masyarakat yang akan mudik sehingga pulang dengan kondisi yang sehat,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

BACA :  Kuasa Hukum Terdakwa Kasus Korupsi Tunjangan Daerah Nilai Tuntutan Jaksa Tak Objektif

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler