Asik! Selama Ramadan Puskesmas di Pandeglang Layani Vaksinasi Malam Hari

Date:

Warga Carita Pandeglang, saat mengikuti vaksinisasi di Puskesmas Carita. Selama Ramadan ini, seluruh Puskesmas di Kabupaten Pandeglang memberikan pelayanan vaksinasi malam hari. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Sejumlah Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat pada malam hari selama Ramadan ini. 

Seperti yang sudah dilakukan oleh UPT Puskesmas Carita, Kecamatan Carita, Pandeglang, yang membuka pelayanan vaksinasi untuk masyarakat mulai dari pukul 20.00 WIB sampai 21.00 WIB.

“Semua Puskesmas buka pelayanan vaksinasi setiap hari. Bahkan di beberapa PKM (puskesmas) juga sudah menjalankan vaksinasi malam hari,” ungkap Juru Bicara Satgas COVID-19, Samsudin, Rabu 6 April 2022.

Salah satu alasan pelayanan vaksinasi dilakukan malam hari, supaya kondisi warga yang hendak divaksin dalam kondisi fit karena sudah makan terlebih dahulu.

“Karena memang sebaiknya sebelum vaksinasi harus sudah makan dulu. Kalaupun saat berpuasa diharapkan dilakukan pagi hari biar kondisinya masih fit,” katanya.

Ketika ditanya, bagaimana respons masyarakat soal vaksinasi malam hari, Samsudin mengaku, permohonan vaksinasi mulai banyak. Terlebih pasca pemerintah membolehkan mudik dengan syarat sudah vaksinasi Booster.

Masyarakat dengan kesadaran sendiri datang ke pelayanan vaksinasi yang ada di Pasyankes (Pusat Layanan Kesehatan).

“Karena vaksinasi Booster menjadi syarat mudik atau jalan-jalan keluar daerah atau kota lain, alhamdulillah permohonan vaksinasi Booster mulai banyak,” katanya.

Samsudin memastikan, ketersediaan Vaksin Booster di Pandeglang sementara ini masih cukup. Stoknya masih tersedia.

“Untuk stok kita menyesuaikan sasarannya karena ED (expired date) atau masa kadaluarsa pendek (tiga bulan berdasarkan BPOM). Jadi ntuk booster kita minta persediaan secara bertahap, Alhamdulillah cukup untuk booster di Kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Ia juga mengajak, kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin maupun yang sudah divaksin tapi belum lengkap atau belum dosis 2 dan 3, silahkan segera datang ke pusat pelayanan kesehatan terdekat setiap hari kerja.

“Alhamdulillah Pandeglang  sesuai keputusan Imendagri sudah masuk ke level 2. Kami berharap walaupun sudah level 2 tetap  menerapkan protokol kesehatan 3M, artinya jangan lengah tetap jaga kesehatan,” tuturnya.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Pandeglang itu juga mengimbau, bagi yang belum atau yang sudah divaksin tapi belum lengkap segera vaksinasi COVID-19.

“Terutama bagi masyarakat yang akan mudik sehingga pulang dengan kondisi yang sehat,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...