Jelang Masa Jabatannya Habis Elektabilitas Anies Anjlok Disalip Sandiaga, Prabowo-Ganjar Konsisten di Posisi Juara

Date:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat Meresmikan Kampung Agrinex, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)a

Jakarta – Hasil survei terbaru calon presiden Indonesia 2024 dirilis Lembaga survei nasional Point Indonesia, Minggu, 10 April 2022.

Sama seperti hasil survei lembaga lainnya, hasil sigi Point Indonesia juga menempatkan sosok Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, di urutan pertama dan kedua capres dengan elektabilitas tertinggi.

Namun, ada kejutan dalam survei Point Indonesia, yakni sosok Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno yang tiba-tiba melejit ke tiga besar.

Sandiaga berhasil menggeser Anies Baswedan. Seperti diketahui, Sandiaga adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia meninggalkan Anies untuk maju menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019.

Anies Baswedan sendiri saat ini masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Namun pada Oktober 2022 nanti jabatan Anies Baswedan akan berakhir.

Pada survei bertajuk 5 Calon Presiden atau Capres 2024 Pilihan Publik, Point Indonesia menyebutkan, elektabilitas Sandiagai di survei ini dengan persentase 21,7 persen.

Di atasnya ada Prabowo Subianto pada posisi pertama dengan raihan 28 persen. Lalu menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan angka 24,1 persen.

Di bawah Sandiaga barulah ada Anies di dengan angka separuhnya saja yaitu 10,3 persen. Kemudian yang terakhir yaitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan angka 7,2 persen.

“Kebanyakan di usia muda,” kata Usmar, peneliti senior Point Indonesia yang juga Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam keterangan tertulis, Minggu, 10 April 2022 seperti dikutip BantenHits.com dari Tempo.co.

Survei dilakukan dari 11 hingga 22 Maret 2022 dengan metode Multistage Random Sampling dengan sebaran secara proporsional di 34 provinsi. Jumlah sampling sebanyak 1.916 responden dan margin of error kurang lebih 2,24 persen.

Masuknya nama Sandi ini berbeda dengan hasil beberapa lembaga survei lainnya. Tahun lalu, ada Charta Politika yang melakukan survei pada 20-24 Maret 2021. Lembaga ini mencatat elektabilitas Prabowo menempati posisi teratas sebagai Capres 2024.

Dalam simulasi 12 nama, elektabilitas Menteri Pertahanan tersebut sebesar 19,6 persen. Di posisi berikutnya ada Ganjar dengan 16 persen, Anies sebesar 12,6 persen, Sandi 9,3 persen, dan Ridwan Kamil 8,1 persen.

“Ada tiga sosok calon kepala daerah dan dua sosok menteri,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin, 29 Maret 2021.

Lalu pada 3 April 2022, ada Indikator Politik yang mengumumkan hasil survei mereka. Dalam simulasi 19 nama, survei ini menempatkan tiga nama teratas yaitu Prabowo 22,4 persen, Ganjar 21,6 persen, dan Anies 17,1 persen. Sementara, Sandi ada di urutan keenam dengan angka 4,7 persen.

Lalu saat dikerucutkan menjadi 7 nama, tiga nama teratas tetap Prabowo, Ganjar, dan Anies. Nama Sandi justru tidak masuk dalam simulasi 7 nama versi Indikator Politik.

Editor: Fariz Abdullah

 

 

 

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...