Connect with us

Berita Terbaru

Waspada Peredaran Uang Palsu Menjelang Lebaran; Polisi Warning Pedagang-pedagang

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Barang bukti uang palsu yang diamankan dari sebuah kapal tanker yang berada di Pelindo II, Kota Cilegon. (Banten Hits/ Iyus Lesamana)

Lebak- Polres Lebak meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap peredaran uang palsu. Apalagi, para pedagang.

Bagaimana tidak, menjelang lebaran perputaran uang di pasar maupun tempat berbelanja lainnya mengalami peningkatan.

Bukan tak mungkin, momentum tersebut dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab untuk mengedarkan uang palsu.

“Peredaran uang selama Ramadan ini meningkat, untuk itu masyarakat diminta waspada dengan peredaran uang palsu yang disinyalir akan diedarkan oknum tidak bertanggungjawab selama ramadan ini,”kata Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan, Selasa, 12 April 2022.

BACA :  Perasaan Cemas Rohayati, Sepupunya di Pabrik Petasan yang Meledak Belum Ditemukan

Dia juga mengimbau, bagi warga yang menemukan atau menerima uang palsu untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

“Kita pastinya akan terus melakukan pemantauan dan kepada masyarakat yang menemukan adanya uang palsu untuk segera melaporkan kepada petugas kita,” katanya.

“Untuk para pedagang diharapkan waspada ketika menerima uang kertas nominal terutama pada malam hari. Sebab, bisa saja bila tidak hati – hati uang yang diterima palsu,”sambung jebolan Akpol 2002 ini.

Kata Wiwin untuk mengoptimalkan pencegahan pihaknya juga telah mengerahkan Babinkamtibnas untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat terutama pedagang dan kios kecil agar waspada uang palsu.

“Anggota Babinkamtibmas memberikan pengarah kepada pedagang ciri-ciri uang palsu seperti apa dan bagaimana mengenalinya,”katanya.

BACA :  Main-main deh ke Lebak, Ada Rumah Tahan Gempa Senilai Rp500 Juta; Bisa Dicontoh

“Kalau ada yang membeli minuman dengan uang bernilai besar patut dicurigai, periksa dulu uangnya asli atau bukan,”sambungnya.

Sementara Kasatreskrim Polres Lebak, AKP Indik Rusmono mengaku akan menindak tegas para pengedar uang palsu jika kedapatan berkeliaran di wilayah hukum Kabupaten Lebak.

”Saya harap warga selalu teliti dan waspada ketika melakukan transaksi jual beli. Karena biasanya, peredaran uang palsu sering menyasar pedagang di Pasar tradisional, kios kelontong atau penjual bahan bakar eceran,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler