Connect with us

Berita Terbaru

Tokoh Muda Idola Millenials, Emak-emak, Pelaku UMKM hingga Petani di Banten Ini Ternyata Cawapres Terfavorit

Published

on

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat Meresmikan Kampung Agrinex, Kecamatan Cikeusik, Pandeglang. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Senin – Sejumlah emak-emak, millenials, petani hingga pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banten menyatakan dukungan kepada Menparekraf, Sandiaga Uno jadi presiden 2024.

Mereka menilai, Sandi merupakan tokoh yang bukan hanya omdo alias omong doang. Melainkan telah melakukan aksi nyata untuk mendongkrak ekonomi para pelaku UMKM dan petani.

“Pak Sandiaga ini merupakan figur pemimpin yang kerja nyata, peduli rakyat kecil, dan ahli ekonomi. Kami yakin beliau bisa dukung petani maju untuk membangun swasembada pangan di Indonesia,” kata perwakilan petani, Umtini, di Desa Banjarsari, Lebak, Banten, Sabtu 23 April.

BACA :  Pipa Perumdam TKR Bocor Disebut Penyebab Jalan di Tanjung Burung Amblas

Moncer di Survei

Dalam hasil survei Populi Center, ternyata Sandiaga Uno menjadi sosok calon wakil presiden dengan elektabilitas paling moncer.

Menurut survei yang dilakukan Populi Center pada 21-29 Maret 2022, dari pertanyaan terbuka “jika pemilihan presiden diadakan hari ini, siapakah tokoh yang akan Anda pilih sebagai wakil presiden?”.

Hasilnya, Sandiaga menempati urutan teratas dengan elektabilitas cawapres 16,6 persen, unggul atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan kedua (8,6 persen) dan Menteri BUMN Erick Thohir (5,8 persen).

Raihan elektabilitas Sandiaga yang jauh meninggalkan para pesaingnya ini pun jadi sorotan. 

“Sandiaga Salahudin Uno sosok yang sudah berkontestasi di 2019 dan citranya sebagai wapres sudah terbentuk,” kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam jumpa pers, Minggu, 24 April 2022 seperti dikutip BantenHits.com dari Kompas.com.

Pada Pilpres 2019, Sandiaga menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto, namun harus mengakui keunggulan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dari hasil pemungutan suara.

BACA :  Mesum, Guru PNS di Lebak Terancam Dimutasi

Namun demikian, Rafif menilai bahwa ada kemungkinan Sandiaga justru akan mengincar kursi presiden dalam Pilpres 2024. Anies pun setali tiga uang.

Sebab, dalam survei elektabilitas calon presiden, Sandiaga dan Anies yang pernah bertandem di tampuk kepemimpinan ibu kota itu masuk dalam 5 besar.

“Kalau dilihat dari pencalonan wakil presiden, sosok yang perlu dicermati adalah Erick Thohir dan Ridwan Kamil,” kata Rafif.

Dalam survei tersebut, Ridwan Kamil ada di posisi keempat sosok dengan elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden (5 persen).

Survei teranyar Populi Center ini dilakukan dengan besaran sampel 1.200 responden. Margin of error pada survei ini disebar +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA :  Spesialis Pencuri Kambing di Sukadiri Dibekuk Polisi

Editor: Fariz Abdullah

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler