Connect with us

Berita Utama

Alhamdulillah, Kepadatan di Pelabuhan Merak Sudah Terurai

Published

on

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memantau arus mudik di Tol Jakarta Merak hingga memantau kondisi di Pelabuhan Merak, Sabtu sore, 30 April 2022. Kapolri memastikan kepadatan di Pelabuhan Merak dan Jalan Tol Merak sudah bisa terurai. (Istimewa)

Cilegon – Setelah dilakukan penanganan bersama stakeholder terkait, kepadatan di jalan maupun di Pelabuhan Merak sudah terurai.

Hal tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memantau arus mudik di Tol Jakarta Merak hingga memantau kondisi di Pelabuhan Merak, Sabtu sore, 30 April 2022.

Seperti diketahui, kepadatan kendaraan pemudik sempat terjadi di Pelabuhan Merak hingga ke Jalan Tol Merak.

“Alhamdulillah per sore tadi dan malam ini kepadatan di Pelabuhan Merak sudah terurai,” kata Sigit kepada wartawan, Sabtu malam 30 April 2022.

BACA :  PJU di Kota Tangerang Padam, Warga Bisa Lapor ke Nomor Ini

Sigit mengatakan, kepadatan di Pelabuhan Merak bisa terurai karena adanya penambahan pelabuhan untuk mudik yakni Pelabuhan Indah Kiat dan Pelabuhan Ciwandan.

Penambahan dua pelabuhan ini serta kerja keras petugas kepolisian dan jajaran terkait di lapangan, cepat mengatasi antrean kendaraan yang sempat padat.

Sigit menyebut kapasitas normal di Pelabuhan Merak hanya menampung kurang lebih 19 ribu penumpang. Sehingga mau tak mau diperlukan rekayasa tambahan dan langkah dalam mencegah kepadatan, di antaranya dengan penambahan kapal dan dermaga.

Mantan Kabareskrim Polri ini sebelumnya mengimbau agar masyarakat yang hendak menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni agar membeli tiket sebelum jalan. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses saat masuk ke pelabuhan.

BACA :  Pilih Ketua Forkawhal, Incumbent Dinilai Masih Kuat

“Kalau memang masih belum mudik maka pilihan melaksanakan reservasi tiket melalui aplikasi online jauh lebih bagus dan mempercepat pada saat loading. Namun demikian semuanya akan dilayani baik go show maupun reservasi,” ucap Sigit.

Mantan Kapolda Banten ini juga mengingatkan jajarannya untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik. Selain itu, anggota diminta memberikan sosialisasi semua kebijakan dan menjawab apa yang menjadi kendala masyarakat.

“Kita harapkan di sisa waktu yang ada di H-2, H-1 dan H pelayanan bisa meningkat dan menjadi lebih baik. Dalam menghadapi arus balik kita juga harus mempersiapkan langkah ekstra dan rekayasa yang harus dilakukan di wilayah Bakauheni karena akan terbalik di sana padat dan diperlukan langkah-langkah khusus,” tutup Sigit.

BACA :  MUI Ingatkan Banser Pandeglang Tak Ikutan Bakar Bendera Berkalimat Tauhid

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler