Sat set..Gerak Cepat Kapolda Banten Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak, Dermaga PT Indah Kiat Digunakan Jadi Jalur Alternatif

Date:

Polda Banten Gunakan Dermaga PT Indah Kiat untuk urai pemudik di Pelabuhan Merak. Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto melepas langsung pemudik pertama yang masuk Dermaga PT Indah Kiat. (Istimewa)

Cilegon – Sebuah terobosan dilakukan jajaran Polda Banten untuk mengurai penumpukan kendaraan pemudik yang terjadi di Pelabuhan Merak.

Dengan menggunakan Kapal Mutiara Perindo VII, pemudik yang tertahan di Pelabuhan Merak akhirnya bisa diberangkatkan ke Pulau Sumatera.

Tercatat sejak Kamis – Jumat, 28 – 29 April 2022, sudah dua pemberangkatan pemudik dilakukan melalui Dermaga PT Indah Kiat.

Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto melepas langsung kendaraan pertama untuk masuk ke armada Mutiara Perindo VII.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pengelola di Dermaga PT Indah Kiat dan pemilik kapal dari Cityline Manajemen atas bantuan dan suportnya,” jelas Rudy melalui keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.

Kapal Mutiara Perindo VII milik Cityline Manajemen yang dioperasikan di Dermaga Indah Kiat disebut mampu memuat ratusan kendaraan.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Shinto Silitonga mengatakan, penggunaan Dermaga PT Indah Kiat untuk urai pemudik bisa dilakukan berkat terobosan kreatif Kapolda Banten yang melihat terjadinya puncak arus mudik sejak Kamis (28 April 2022) pukul 02.00 WIB.

Shinto menyebut, kepadatan di Pelabuhan Merak akibat tidak sebandingnya jumlah pemudik yang membludak dengan kapasitas pelabuhan di tujuh dermaga.

“Bapak Kapolda Banten memotivasi para Pejabat Utama untuk bisa berkomunikasi dengan pengelola dermaga PT Indah Kiat, sehingga terjadi penggunaan armada ini untuk kepentingan fasilitas bagi para pemudik,” ungkapnya.

Shinto menjelaskan, pemberangkatan pertama pemudik melalui Dermaga PT Indah Kiat dilakukan Kamis, 28 April 2022 sekira pukul 19.30 WIB.

Pada pemberangkatan pertama telah diberangkatkan 114 kendaraan terutama truk dan 5 unit mobil pribadi ke Pelabuhan Panjang Lampung.

Kemudian pada pemberangkatan kedua, pengelola armada menyediakan dua unit kapal yang bisa memuat 500-600 kendaraan untuk bisa memfasilitasi pemudik ke Lampung.

Shinto Silitonga menyampaikan apresiasi atas bantuan dari pihak ASDP, BPTD, dan KSOP yang juga mendukung pelaksanaan kegiatan di dermaga PT Indah Kiat.

“Selamat jalan kepada para pemudik fasilitas dari ide kreatif Kapolda Banten ini semoga bisa membantu bagi para pemudik untuk bisa segera kembali bertemu dengan keluarga tercinta di kampung halaman,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...