Masih Banyak Warga Berpegang pada Tradisi, Saban Lebaran TPU di Pandeglang Ramai Dikunjungi

Date:

Sejumlah warga Kabupaten Pandeglang saat ziarah kubur setelah Salat Idul Fitri. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Ziarah kubur pada momentum Hari Raya Idul Fitri merupakan tradisi yang masih dilaksanakan kebanyakan warga, tak terkecuali masyarakat di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Di Kabupaten Pandeglang yang berjuluk Kota Santri ini, ziarah kubur di Hari Raya Idul Fitri biasa dilakukan warga setelah melaksanakan Salat Ied.

Bahkan bukan pada momentum Hari Raya saja, ziarah kubur juga biasa dilakukan warga menjelang bulan Suci Ramadan.

Seperti pantauan wartawan BantenHits.com, Samsul Fatoni, di sejumlah wilayah di Kota Santri tersebut sejak Senin – Selasa, 2 – 3 Mei 2022 warga berbondong-bondong datang ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayahnya masing – masing. 

Warga yang datang ke TPU bermaksud berziarah dan mendoakan anggota keluarga atau nenek moyangnya yang telah meninggal dunia. Tradisi tersebut juga dianggap sebagai bentuk penghormatan mereka terhadap anggota keluarga yang sudah lebih dulu meninggal dunia. 

Salah seorang pengunjung TPU di Desa Palembang, Kecamatan Cisata, Pandeglang, Johanah mengungkapkan, ziarah kubur ini sudah menjadi tradisi yang dilakukan saat momentum Lebaran.

“Kita datang ke kuburan tidak lain, hanya untuk mendoakan anggota keluarga atau orang tua kita yang telah dulu meninggalkan kita,” ungkap Johanah usai melaksanakan ziarah kubur, Rabu 3 Mei 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...