Connect with us

Berita Terbaru

Arus Balik Terus Meningkat, Polres Serang Kota Imbau Pemudik Istirahat Maksimal 1 Jam di Rest Area

Published

on

Kombes Pol. Shinto Silitonga seusai pemantauan gelombang arus balik Lebaran 1443 H di Rest Area KM 68 Tol Merak-Cikupa. (istimewa)

Serang – Gelombang arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H yang melalui wilayah hukum Polres Serang Kota, Polda Banten terus meningkat.

Polres Serang Kota dan Polda Banten memantau langsung situasi arus balik dengan meninjau langsung Rest Area KM 68 Tol Merak-Cikupa, Kamis 5 Mei 2022.

Dalam kegiatan ini Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Shinto Silitonga juga mengecek langsung kesiapan Pospam Rest Area KM 68 dalam melayani para pemudik yang kembali dari kampung halaman pasca-libur Lebaran.

“Hari ini saya bersama Kapolresta Serang Kota meninjau langsung kondisi Rest Area KM 68 dan memantau langsung situasi arus balik,” kata Shinto.

“Seperti yang terlihat kasat mata, terjadi peningkatan frekuensi kunjungan pemudik di rest area, baik untuk istirahat maupun untuk belanja dan kepentingan lainnya. Jika kapasitas rest area penuh, maka akan dilakukan buka tutup akses masuk sehingga tidak berdampak munculnya penyempitan jalur pada jalan tol dan mengimbau agar pengendara maksimal istirahat 1 jam untuk kemudian lanjutkan perjalanan,” sambungnya.

BACA :  Sachrudin Berharap Program MUI Sentuh Kepentingan Masyarakat

Polda Banten menerapkan tiga skenario dalam pelayanan arus balik, sama seperti pelayanan arus mudik yaitu pada saat situasi normal atau hijau, situasi padat atau kuning hingga situasi macet total berkepanjangan atau merah.

“Pada situasi kuning, rekayasa lalin diarahkan pada contra flow dengan memberdayakan 2 lajur jalan tol arah merak untuk digunakan pengendara arus balik arah Jakarta,” jelas Shinto.

Khusus untuk menghadapi situasi merah, Polda Banten akan mengalihkan arus lalin menuju GT Cikupa ke gerbang tol sebelumnya, baik di Balaraja Timur, Balaraja Barat juga gerbang tol lainnya sesuai kebutuhan, kendaraan dialihkan ke jalur arteri.

Selanjutnya untuk mengurai kepadatan kendaraan di pintu Tol Merak dan Tol Cikupa saat puncak arus balik yang diprediksi Jumat – Minggu (5 – 8 Mei 2022), Polda Banten sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola tol untuk menambah petugas tol yang dapat jemput bola untuk melakukan tap kartu tol kendaraan yang mengantri.

BACA :  Warga Menes Bela-belain Galang Dana Perbaiki Jalan, Komisi III DPRD Pandeglang Minta Irna - Tanto Fokus Bangun Infrastruktur

“Dengan demikian diharapkan pelayanan pembayaran online di gerbang tol berjalan lebih cepat sehigga kepadatan lebih cepat terurai,” tambah Shinto. 

Sementara itu, Kapolresta Serang Kota memastikan Pospam Rest Area KM 68 siap melayani para pemudik pada arus balik.

“Untuk melayani pemudik selama arus balik, Polresta Serang Kota telah menyiagakan sebanyak 289 personel. Untuk Pospam Rest Area Km 68 sendiri disiapkan 17 personel Polri bersama 2 personel TNI, 2 personel Dishub dan 3 personel tenaga kesehatan dari Puskesmas Banjar Agung yang selalu siap 24 jam melayani pemudik,” kata Maruli.

Maruli mengungkapkan Rest Area KM 68 dapat menampung parkir mobil pribadi sebanyak 150 kendaraan dan bus atau truk sebanyak 120 kendaraan.

BACA :  Dua Tahun Gentayangan Modal Seragam Bisa Raup Rp 700 Juta di Jalanan, Bupati sampai Kesel

“Untuk pemudik dapat memanfaatkan fasilitas yang kami sediakan di rest area, namun jika mengingat banyaknya pengemudi yang juga ingin memanfaatkan layanan rest area, kami meminta agar pemudik dapat bergantian istirahat, maksimal 1 jam agar pengemudi dapat melanjutkan perjalanannya kembali agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di rest area,” tuturnya.

Kemudian Kabid Humas Polda Banten menghimbau kepada pemudik jika sudah merasa lelah atau kurang fit agar segera beristirahat di rest area yang disediakan. 

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk datang ke Pospam dan Posyan untuk sekedar beristirahat maupun melaksanakan vaksinasi dan mengecek kesehatan sehingga perjalan arus mudik berjalan lancar,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler