Connect with us

Berita Terbaru

Dishub Pandeglang Klaim Tiap Tahun Ada Pemeliharaan PJU

Published

on

Penerangan Jalan Umum atau PJU di Pandeglang sering padam. GMNI mempertanyakan anggaran pemeliharaan. (Foto ilustrasi: Google)

Pandeglang – Dinas Perhubungan atau Dishub Pandeglang, mengklaim tiap tahun ada pemeliharaan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) yang menjadi kewenangan Pemkab Pandeglang. 

Namun, kegiatan pemeliharaan PJU tersebut skalanya kecil, hanya beberapa unit atau tiang saja yang bisa dilakukan pemeliharaan.

“Tiap tahun juga ada pemeliharaan, namun skalanya kecil. Paling hanya di wilayah perkotaan saja yang dilakukan pemeliharaan ketika terjadi kerusakan atau pemadaman,” ungkap Plt Kepala Dinas Perhubungan Pandeglang, Tatang Muhtasar, Selasa 10 Mei 2022.

Namun, saat ditanya berapa anggaran pemeliharaan PJU yang dianggarkan dalam setiap tahunnya. Tatang tidak menyebutkan secara detail, hanya saja ia menyebut jika dana pemeliharaan itu kecil. 

BACA :  Kejari Geledah Kantor Dindikbud Pandeglang soal Dugaan Korupsi Dana Tunda

“Dana pemeliharaannya kecil. Tidak bisa semua dilakukan pemeliharaan sekaligus, tapi tiap tahun selalu ada,” ucap Tatang.

Tatang juga tak bisa merinci PJU di jalur mana saja yang biasa dilakukan pemeliharaan oleh Dishub Pandeglang. Ia mengaku, hanya yang menjadi kewenangan Pemda Pandeglang saja. Karena kalau milik Provinsi Banten dan Kementrian Perhubungan itu beda kewenangan. 

“PJU itu ada tiga kewenangan, ada yang milik provinsi dan juga Kementrian Perhubungan. Dan pemeliharaannya masing – masing kewenangan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Aktivis GMNI Pandeglang mengkritik dan mempertanyakan anggaran pemeliharaan sarana PJU tersebut, lantaran PJU yang menjadi kewenangan Pemda Pandeglang banyak mengalami kerusakan dan pemadaman. 

Akibat dari banyaknya PJU yang padam, tidak menutup kemungkinan rawan terjadi kejahatan atau tindakan kriminal terhadap masyarakat atau pengguna jalan.

BACA :  Seorang Notaris di Serang Disebut Muluskan Pemalusan Dokumen Koperasi Tirta Niaga Pantura

“Ke mana anggaran pemeliharaan PJU. Karena sarana PJU di jalur pros kecamatan banyak yang padam,” tanya salah seorang aktivis GMNI Pandeglang, Erik Setiawan, Senin, 9 Mei 2022.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler