Connect with us

Berita Terbaru

Pengamanan Hari Raya Waisak 2556, Polda Banten Siagakan Unit Jibom hingga Bharacuda di Vihara

Published

on

Foto ilustrasi: pasukan penjinak bom dari Gegana Satbrimob Polda Banten dalam rangka sterilisasi di Vihara Cetya Kwin Ti Kong yang berlokasi di Perumahan Lopang Indah, Kelurahan Lopang, Kota Serang. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Polda Banten siapkan pengamanan antisipasi gangguan Kamtibmas dalam rangka kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada Senin, 16 Mei 2022 dan Minggu, 22 Mei 2022 mendatang. 

Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menyampaikan, Polda Banten beserta jajaran akan melaksanakan pengamanan dalam rangka Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022 di daerah hukum Polda Banten dan menjamin ketertiban serta kelancaran kegiatan.

“Adapun sasaran pengamanan yaitu warga keturunan Tionghoa yang merayakan Waisak, pengurus Vihara atau Kelenteng, masyarakat yang memanfaatkan libur hari raya Waisak, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah umat Budha,” ucap Shinto Silitonga saat dikonfirmasi, Sabtu, 14 Mei 2022.

BACA :  Modus Pura-pura Parkir lalu Tancap Gas, Komplotan Pencuri Baterai Lampu PJU di Jalan Raya Cipanas Sukses Dibekuk Petugas

Sebanyak 58 personel diturunkan dalam pengamanan kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2556 Tahun 2022 dengan rincian 10 personel Unit Jibom Satbrimob Polda Banten dan 48 personel Polresta Serang Kota. 

“Sarana dan Prasana kami siapkan meliputi kendaraan Rantis Wolf, Bharacuda, EOD, Wolf, kendaraan bermotor baik roda 6, roda 4 maupun roda 2, serta kendaraan Unit Jibom,” terang Shinto. 

Kemudian, Shinto mengatakan dari keterangan beberapa pengurus Vihara di daerah hukum Polda Banten peringatan hari Waisak 2566 yang akan melaksanakan kegiatan doa bersama di Vihara dengan jumlah jemaat antara lain: 

1. Vihara Meta, Jalan Kebaharan, No 01 RT/RW 001/001, Kelurahan Lopang, Kecamatan/Kota Serang dengan jumlah jemaat 100 orang; 

BACA :  Pembeli Didominasi Remaja, Miras Oplosan di Serang Bisa Didapat dengan Rp 5.000

2. Vihara Sukhavati Majabumi Tanah Suci, di Mangga Dua Dalam, RT/RW 004/002, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan/Kota Serang, dengan jumlah jemaat 100 orang; 

3. Vihara Ananda Avalokitesvara, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dengan jumlah jemaat 150 orang; 

4. Vihara Cetya Arya Dipa Sena, RT 12/03, Deaa Ranca Serdang, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, dengan jumlah jemaat 100 orang; 

5. Vihara Caga Sasana, Jalan Kebon kawat Kampung Cukanggalih, RT 02/02, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, dengan jumlah jemaat 100 orang; 

6. Vihara Damma Bhakti, Jalan Panongan, Kampung/ Desa Rawa Ringan, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang dengan jumlah jemaat 100 orang; 

7. Tri Darma Cariya, Kampung Kebon Baru, RT/RW 05/04, Desa Margaluyu, Kecamatan Mauk, dengan jumlah jemaat 150 orang. 

BACA :  Rem Kontainer Blong Seruduk Enam Mobil

Polda Banten, ungkap Shinto, akan menempatkan personel di lapangan baik yang terbuka maupun yang tertutup untuk mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022 di wilayah hukum Polda Banten dan meningkatkan penjagaan serta pengaturan lalu lintas guna mencegah kemacetan akibat mobilitas masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Waisak. 

Beragam gangguan Kamtibmas yang menjadi concern Polda Banten dalam perayaan Waisak antara lain aksi teror atau sabotase, kejahatan konvensional dilokasi kegiatan maupun tempar parkir, kemacetan lalu lintas, pencurian dan kepadatan di tempat wisata. 

“Harapannya dengan pola pengamanan yang dilaksanakan oleh Kepolisian dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler