Connect with us

Berita Terbaru

Masyarakat Proaktif di Pemilu 2024; Demokrasi Indonesia Semakin Kuat

Published

on

Kepala sekolah pemilu angkatan ke dua Mastur Huda (tengah) saat menghadiri webinar Penutupan Sekolah Pemilu Angkatan II Majelis Daerah (MD) KAHMI Lebak di Lebak Data Center (LDC) Setda Lebak, Selasa 17 Mei 2022. (Istimewa)

Lebak- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Nasional KAHMI Manimbang Kahariady mengajak masyarakat sipil untuk proaktif agar terciptanya pemilu berkualitas di tahun 2024.

Manimbang menilai mereka memiliki peranan yang strategis sehingga di Pemilu 2024 bisa terlahir wakil rakyat dan pemimpin yang berintegritas.

“Saya kira bangunan demokrasi tidak akan berdiri kokoh dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas tanpa peranan dan partisipasi masyarakat sipil,” kata Manimbang Kahariady saat menjadi narasumber Webinar Penutupan Sekolah Pemilu Angkatan II Majelis Daerah (MD) KAHMI Lebak, Selasa 17 Mei 2022.

BACA :  Kiai Ternama di Banten Pastikan 1.500 Massa Ikut Aksi 9 Mei di Bawaslu Bersama Kivlan Zen

Adapun tema Webinar tersebut, yakni Pemilu 2024: Kesiapan Penyelenggara dan Peranan Masyarakat Sipil. Hadir sebagai narasumber Manimbang Kahariady, Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Hadir juga penggagas Sekolah Pemilu MD KAHMI Lebak yang juga anggota KPU Banten Agus Sutisna dan Anggota Bawaslu Banten Ali Faisal.

Manimbang optimistis, ke depan konstruksi demokrasi di Indonesia akan lebih kuat. Karena itu, dirinya meminta kepada penyelenggara pemilu untuk mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak 2024 dengan sebaik-baiknya. Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu akan memperkuat legitimasi wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih. Untuk itu, mari kita kawal bersama agar pemilu berjalan dengan baik,” ungkapnya.

BACA :  Irna Narulita-Tanto Warsono Arban Nomor Urut 1, Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamamy Nomor Urut 2

Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos menyatakan, KPU bersama Bawaslu dan pemerintah siap menyelenggarakan Pemilu 2024. Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak akan digelar pada 14 Februari, sedangkan Pilkada Serentak pada 27 November.

“Sesuai dengan jadwal yang telah dirilis, Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan pada hari Rabu,” ungkapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler