Connect with us

Berita Terbaru

Pastikan Tak Terjangkit PMK, Jajaran Keswan Pandeglang Cek Hewan Ternak

Published

on

Petugas Kesehatan hewan Pandeglang saat melakukan pengecekan hewan ternak. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni).

Pandeglang – Sejumlah pejabat dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, melakukan pengecekan kondisi hewan ternak di sejumlah wilayah. 

Kegiatan itu dilakukan untuk memastikan tak ada hewan ternak di Pandeglang yang terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak tersebut.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Wahyu Widayanti mengungkapkan, pihaknya telah melakukan observasi dan pemeriksaan hewan ternak di sejumlah peternakan di Pandeglang. 

Dari hasil pengecekan tersebut, kata Wahyu, sejauh ini tidak ditemukan hewan ternak yang terjangkit virus PMK tersebut. 

BACA :  Bangli di Blok M Pasar Rau Ditertibkan, Jaman: Kita Ciptakan Kenyamanan

“Sejauh ini di Pandeglang tidak ditemukan kasus PMK hewan ternak. Namun upaya pencegahan harus ditingkatkan,” ungkapnya, Rabu 18 Mei 2022.

Salah satu upaya pencegahan penyebaran wabah PMK agar tidak masuk ke Pandeglang, yaitu memastikan hewan kurban dari luar daerah yang masuk ke Pandeglang harus memiliki rekomendasi yang menyatakan bahwa hewan ternak tersebut bebas PMK. 

“Kita tingkatkan pengawasan arus pengiriman hewan ternak dari luar daerah ke Pandeglang. Hewan ternak yang akan masuk ke Pandeglang harus punya surat rekomendasi dari dokter kesehatan hewan yang berwenang,” ujarnya. 

Terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang, Uun Junandar menjelaskan, memang saat ini di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti di Jawa Timur dan Aceh. 

BACA :  Tahun Ini, Calon Jemaah Haji Pandeglang Berkurang

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK ke Pandeglang, pihaknya meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan tiap hewan ternak dari luar daerah yang akan masuk ke Pandeglang. 

“Kita tingkat kan pengawasan arus pengiriman hewan ternak dari luar daerah, supaya wabah PMK tidak masuk ke Pandeglang,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler