Connect with us

Berita Terbaru

Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Nanggala Cikeusik Pandeglang Janji Segera Selesaikan Pembangunan JUT

Published

on

Musyawarah Poktan Mekar Jaya Pandeglang bahas penyelesaian pembangunan JUT di Desa Nanggala, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Kelompok Tani Mekar Jaya Desa Nanggala, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang berjanji akan segera menyelesaikan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang dikelola Poktan tersebut.

Penyelesaian pekerjaan JUT tersebut ditarget hingga bulan Juni 2022, sesuai yang diintruksikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pandeglang, Uun Junandar mengungkapkan, para kelompok tani Mekar Jaya sudah siap menyelesaikan pekerjaan pembangunan JUT dalam waktu dekat ini.

Karena, pihaknya telah menyarankan agar pembangunan akses jalan ke kawasan pertanian tersebut segera dirampungkan oleh kelompok.

BACA :  Sekolah Pelosok Lebak Mulai Dipasang Jaringan Internet, Guru dan Pelajar Leluasa Berselancar

“Beberapa hari kemarin penyuluh sudah mengumpulkan para anggota Poktan Mekar Jaya membahas penyelesaian pekerjaan JUT. Dan kelompok berjanji akan segera menyelesaikan pekerjaannya,” ungkap Uun, Selasa 31 Mei 2022.

Memang, kata Sekdis, proses pembangunan JUT Poktan Mekar Jaya di Desa Nanggala tersebut terkendala oleh cuaca hujan. Lantaran akhir – akhir ini di wilayah Pandeglang, khususnya Cikeusik kerap turin hujan.

Sementara, kontur tanah di Desa Nanggala Cikeusik kondisinya labil. Karenanya jika turun hujan sebentar saja tanah berlumpur.

“Jadi harus menunggu cuaca panas dulu hingga beberapa hari. Sehingga proses pekerjaan pengerasan jalan bisa dilakukan maksimal,” katanya.

Ditambah lanjut Uun, akses jalan menuju lokasi juga jadi hambatan pengiriman nahan material bangunan. Karena kendaraan pengangkut material bangunan tidak bisa langsung ke lokasi pembangunan.

BACA :  Tangkap Pemuda di Balaraja, Polisi Temukan Paket Sabu

“Meski demikian, kendala – kendala yang dialami kelompok tani dalam proses pembangunan tentu akan terlalui. Sekalipun agak lambat, tapi pembangunan harus tetap selesai maksimal dan mereka (Poktan, red) akan bertanggungjawab menyelesaikan pekerjaannya,” ujarnya.

Terpisah, salah seorang anggota Kelompok Tani Mekar Jaya, Amsar membenarkan, jika cuaca yang kurang bersahabat selama ini jadi kendala proses pembangunan JUT. Namun tetap, kelompok akan bertanggungjawab dalam menyelesaikan pembangunan tersebut.

“Kendalanya cuaca saja, tapi kami juga akan segera menyelesaikan pembangunan, mudah – mudahan beberapa hari ke depan cuaca bagus,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler