Connect with us

Berita Terbaru

Waspada Cacar Monyet! Segera Periksa ke Dokter Jika Mengalami Gejala Ini

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni meminta warga untuk mewaspadai penularan virus cacar monyet. (istimewa)

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit monkeypox atau cacar monyet.

Imbauan diberikan pemerintah seiring dengan merebaknya kasus penularan virus dari hewan ke manusia itu di beberapa negara.

Kepala Dinas Kesehatan dr Dini Anggraeni menjelaskan, Penyakit ini umumnya terjadi di Afrika Tengah dan Barat yang merupakan negara endemis.

Namun, sambung Dini, dalam keterangan resmi Kemenkes belum ada temuan kasus penyakit tersebut di Indonesia.

“Khususnya di Kota Tangerang juga belum ada laporan terkait kasus tersebut. Tapi, tidak bisa dianggap enteng, masyarakat tetap perlu waspada dan diedukasi terkait cacar monyet,”kata Dini, Senin, 30 Mei 2022.

BACA :  Pemkab Lebak Komitmen Kelola Keuangan Daerah dan Aset Berkualitas

Dini menjelaskan, cacar monyet merupakan penyakit virus yang ditularkan dari hewan ke manusia, yang dapat sembuh sendiri.

Penyakit ini, menurut Dini, dapat bersifat ringan dengan gajala yang berlangsung 2-4 minggu. Namun, bisa berkembang menjadi berat dan bahkan kematian dengan tingkat kematian 3-6 persen.

‚ÄúPenularan kepada manusia terjadi melalui kontak langsung dengan orang ataupun hewan yang terinfeksi, atau melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut,”katanya.

Dini pun memberikan saran agar masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat sebagai salah satu upaya pencegahan.

Tak lupa, dia juga menyarankan agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, lanjut Dini, hindari kontak langsung dengan tikus atau primate. Membatasai paparan langsung dengan darah atau daging hewan yang tidak atau belum dimasak dengan baik.

BACA :  Lewat Gerakan Amal 10.000 Paket Sembako, FSPP Lebak Ingatkan Dermawan Pentingnya Berbagi

“kita mengingatkan untuk pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah yang terjangkit cacar monyet, untuk segera memeriksakan diri jika mengalami beberapa gejala Seperti demam tinggi mendadak, pembesaran kelenjar getah bening, hingga ruam kulit dalam kurun waktu kurang dari tiga minggu setelah kepulangan,” terangnya.

Dini menambakan, hingga saat ini Dinkes terus menyebarluaskan informasi tentang monkeypox kepada masyarakat dan fasilitas layanan kesehatan di Kota Tangerang.

“Kita informasikan penyakit melalui kegiatan Posyandu. Kita juga berkoordinasi dengan instansi lainnya yang membidangi fungsi kesehatan hewan dan satwa liar di Kota Tangerang,” imbuhnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler