Connect with us

Berita Terbaru

Dua Perusahaan Ternak Ayam Berizin di Saketi Pandeglang Dianggap Sumber Bau dan Lalat

Published

on

Ratusan masyarakat Desa Sodong, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, berunjuk rasa di dua perusahaan ternak ayam berizin. (BantenHits.com/Samsul Fatoni)

Pandeglang – Ratusan masyarakat Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang menggeruduk perusahaan kandang ayam berizin milik PT Ciomas Adisatwa dan PT Barokah di Desa Sodong, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Selasa, 31 Mei 2022.

Warga mendesak perusahaan kandang ayam tersebut dicabut izinnya dan hengkang dari wilayah Sodong, lantaran dianggap telah merusak lingkungan dan merugikan masyarakat sekitar.

Dengan membawa perlengkapan aksi, mulai dari pengeras suara dan perangkat aksi lainnya, ratusan warga melakukan orasi di depan perusahaan tersebut.

Dalam orasinya, salah seorang warga orator aksi demo, Ahmad Syafaat mengungkapkan, gerakan ratusan masyarakat ini dipicu akibat buruknya pengelolaan perusahaan. Lantaran kata dia, dampak bau yang ditimbulkan dari perusahaan tersebut menggangu terhadap kenyamanan masyarakat di wilayah tersebut.

BACA :  Pattiro ke WH-Andika soal Berobat Gratis: Tak Usah Heroik, Maksimalkan JKN!

“Kami masyarakat Desa Sodong hanya merasakan dampak bau yang ditimbulkan perusahaan itu. Selain itu, binatang lalat juga kian menyebar ke permukiman dan menganggu terhadap kesehatan warga,” ungkapnya.

Dia menegaskan, masyarakat Desa Sodong menuntut kepada pemerintah yang berwenang untuk menutup dan mencabut izin perusahaan tersebut.

Karena dampak buruk yang ditimbulkan cukup dirasa oleh masyarakat, sebab lokasinya tidak jauh dari permukiman warga.

“Kami mendesak pemerintah Kabupaten Pandeglang atau dinas terkait untuk segera menutup dan mencabut izin perusahaan kandang ayam itu. Lantaran dampak bau dan binatang lalat dikeluhkan oleh warga,” katanya.

Hal senada dikatakan warga lainnya, Sadi Daud mengatakan, jika aksi ini tidak ditanggapi secara serius maka masyarakat akan berbondong-bondong datang ke Kantor Bupati Pandeglang serta Gedung DPRD Kabupaten Pandeglang.

BACA :  Mayat Pria Diduga Korban Penganiayaan Anak Kandungnya Ditemukan di Pamulang

“Jika aspirasi yang kami sampaikan hari ini tidak ditanggapi, maka kami akan demo ke Kantor Bupati dan DPRD Pandeglang,” tandasnya.

Belum ada keterangan dari dua perusahaan ternak ayam tersebut. BantenHits.com masih mengupayakan konfirmasi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler