Connect with us

Advertorial

Bela Wali Kota Tangerang Ingin Normalisasi Sungai Cisadane; DPR RI Dibuat Takjub

Published

on

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah melakukan berbagai upaya agar Sungai Cisadane bisa dinormalisasi. (Istimewa)

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang bertekad ingin menormalisasi Sungai Cisadane.

Ya, hal itu dilakukan karena sungai yang menjadi sumber air baku pengolahan air minum bagi masyarakat kota Akhlakul Karimah itu mulai mengalami pendangkalan karena sedimentasi.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengklaim telah melaku beberapa upaya agar proses normalisasi bisa dilakukan. Namun, apalah daya upayanya melulu terbentur aturan.

“Pemkot sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan juga BBWS Ciliwung Cisadane, namun belum menemui solusi yang tepat,” ungkap Arief.

Pemkot juga, menurut Arief telah menginisiasi rencana normalisasi Sungai Cisadane melalui mekanisme kerja sama dengan sektor swasta dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial dari perusahaan – perusahaan yang memanfaatkan air dari Sungai Cisadane.

BACA :  Alhamdulillah, 1.300 Warga Pasar Kemis Sudah Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua

“Tapi, ide tersebut terbentur dengan UUD No. 17 tahun 2019 tentang Sumber Daya Air (SDA). Di mana kegiatan normalisasi sungai hanya bisa dilakukan oleh pemerintah pusat,”tuturnya.

Jumat, 3 Juni 2022 orang nomor satu di Kota Tangerang itu pun menyuarakan hal serupa kepada para anggota komisi V DPR-RI.

Ya, mereka kebetulan tengah melakukan kunjungan peninjauan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala dengan kapasitas 500 liter/detik di Kota Tangerang.

Dalam kesempatan tersebut, Arief meminta dukungan secara aturan dari unsur legislatif sebagai landasan hukum bagi pemerintah daerah dalam bekerja melayani masyarakat, khususnya dalam penyediaan air bersih.

“Mohon aspirasi kami dapat dipertimbangkan agar kami pemda dapat bekerja lebih efektif dan efisien,” harapnya.

BACA :  Innalilahi, Pakaian, Buah-buahan hingga Sembako di Pasar Mutiara Garuda Jadi Abu

Bak gayung bersambut, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ir. Ridwan Bae mengungkapkan gagasan normalisasi Sungai Cisadane dengan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan merupakan ide yang baik dan tidak membebani APBD, serta menjadi bentuk partisipasi swasta kepada lingkungan.

“Mengingat sungai cisadane menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sebagai sumber air baku pengolahan air bersih,” pungkas politikus Partai Gerindra. (Advertorial)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler