Hadapi Kejurnas I Lari Trail Indonesia, ALTI Banten Seleksi Atlet di Gunung Karang Pandeglang

Date:

Salah seorang atlet mengikuti seleksi ALTI Banten di Gunung Karang, Kabupaten Pandeglang dalam rangka menghadapi Kejurnas I Lari Trail Indonesia. (BantenHits.com/ Samsul Fatoni)

Pandeglang – Menghadapi Kejuaraan Nasional alias Kejurnas I Lari Trail Indonesia, yang akan dilaksanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 16 – 17 Juli 2022 mendatang, Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) Provinsi Banten melakukan seleksi atlet di wilayah Gunung Karang, Kabupaten Pandeglang.

Ketua Umum ALTI Banten, Iyon Aritonang mengungkapkan, menghadapi Kejurnas Lari Trail Indonesia di Kota Palu, pihaknya mempersiapkan atlet lari trail yang handal melalui seleksi daerah. 

“Yang mendaftar ada sebanyak 60 orang peserta. Dari jumlah sebanyak itu, hanya ada 26 peserta yang lolos dalam ferivikasi administrasi dan mengikuti seleksi,” ungkapnya, Senin, 6 Juni 2022.

Dikatakannya, ada beberapa kategori yang akan diselenggarakan di Kejurnas Lari Trail I di Kota Palu. Mulai dari kategori vertical dengan elevasi 1.200 dengan jarak 5 kilometer, elevasi 990 dengan jarak 6 kilometer. 

“Untuk kategori yang kedua adalah jarak 20 kilometer, untuk persiapan di Kejurnas yang mewakili di jarak menengah 43 kilometer dan yang terakhir kategori 30 kilometer untuk persiapan atlet dengan jarak 85 kilometer,” katanya.

Diakuinya, dari masing-masing kategori yang diselenggarakan pada seleksi saat ini adalah terdiri dari putera dan puteri. Namun, hanya yang jarak 85 kilometer saja yang tidak diikuti oleh calon atlet puteri.

“Jadi yang jarak 85 kilometer, tidak ada ada calon atlet puteri yang mengikuti. Untuk atlet yang lolos seleksi, nantinya akan diverifikasi data dan selesksi wawancara,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Iyon, saat ini juga langsung dilakukan pelantikan pengurus ALTI Provinsi Banten, yang pelantikannya dilakukan secara langsung oleh pengurus ALTI Pusat.

“Hari ini dilakukan juga pelantikan oleh Ketua Umum pengurus Pusat ALTI, Bima Arya Sugianto yang datang langsung ke lokasi seleksi (Gunung Karang Pandeglang),” tuturnya.

Ia menambahkan, alasan dipilihnya lokasi Gunung Karang Pandeglang sebagai tempat seleksi atlite, lantaran Gunung Karang merupakan icon gunung yang ada di Provinsi Banten.

Ia pun berharap, bagi atlet yang lolos pada seleksi kali ini, bisa membawa nama baik Banten di kancah Nasional dalam acara Kejurnas I Lari Trail Indonesia.

“Sengaja kami pilih lokasi GN Karang, karena sebagai icon gunung yang ada di Banten dengan trek yang cukup menantang bagi calon atlet Provinsi Banten. Semoga atlet yang lolis seleksi nantinya bisa menbawa nama baik Banten,” harapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...