Connect with us

Berita Pemda

Ada Program Disdukcapil Goes to School, Pelajar di Kabupaten Tangerang yang Ingin Punya KTP Kini Tak Perlu Ribet

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat launching Program Disdukcapil Goes to School di SMAN 6 Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Juni 2022. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Kabar baik untuk para pelajar di Kabupaten Tangerang yang ingin memiliki Kartu Tanda Penduduk alias KTP.

Kini, pembuatan KTP untuk pelajar yang usianya sudah memenuhi syarat akan semakin mudah berkat hadirnya program Disdukcapil Goes to School.

Program ini telah dilaunching Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Senin, 13 Juni 2022.

Zaki mengatakan program tersebut merupakan program yang sangat baik. Dia berharap program ini bisa terus berjalan dan kontinyu bukan hanya di sekolah-sekolah saja, tetapi juga jemput bola ke tengah-tengah masyarakat sehingga masyarakat lebih mudah melakukan dan memperoleh layanan administrasi kependudukan.

BACA :  Bahaya! Kerumunan Massa Akhir-akhir Ini Picu Klaster Baru COVID-19

“Sebetulnya acara ini sudah dimulai pada tanggal 6 Mei 2022. Baru hari ini launching Disdukcapil Goes to School dalam rangka updating dan juga pencetakan KTP baru untuk siswa-siswa SMA/SMK sederajat yang sudah memasuki usia KTP,” kata Zaki seperti dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Disdukcapil Goes to School merupakan layanan jemput bola perekaman KTP elektronik sehari langsung jadi yang diperuntukan bagi siswa-siswi pelajar SMA/SMK sederajat yang sudah memasuki usia wajib KTP.

Program Disdukcapil ini, lanjut Zaki, diharapkan dapat memicu layanan jemput bola lainnya terkait kependudukan serta layanan-layanan jemput bola lainnya kepada masyarakat. 

Bupati juga mengimbau masyarakat yang masih memiliki keluhan terhadap proses kependudukan di Kabupaten Tangerang dan lain sebagainya melaporkan melalui nomor tunggal kedaruratan maupun kanal-kanal yang telah disediakan.

BACA :  121 Rumah Warga Tiga Desa di Kecamatan Munjul Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

“Segera hubungi 112 ataupun melalui kanal-kanal media sosial yang ada di Disdukcapil Kabupaten Tangerang maupun Pemerintah Kabupaten Tangerang sendiri,” kata Bupati.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyaksikan perekaman E-KTP saat launching Program Disdukcapil Goes to School di SMAN 6 Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Juni 2022. (Foto: tangerangkab.go.id)

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Tangerang, C.R Inton mengatakan, Disdukcapil Kabupaten Tangerang Tahun 2022 ini mengadakan inovasi Goes to School berupa perekaman KTP elektronik dalam rangka mempercepat  pelayanan administrasi kependudukan dan optimalisasi teknologi.

Menurut dia, sasarannya adalah para siswa atau siswi di sekolah-sekolah yang telah berusia 17 tahun ke atas dengan sistem jemput  bola. 

“Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Banten dan KCD Kabupaten Tangerang serta SMAN/SMKN/MAN/SKHN. Jumlahnya 29 SMAN, 12 SMKN, 5 MAN, dan 1 SKHN dengan jumlah total  7.218  siswa/i,” jelasnya.

BACA :  Tatu-Pandji Menang Mulus di Pilkada Serang; Rencananya Ditetapkan 21 Januari

Inton menambahkan, setelah diverifikasi sebanyak 4.032 siswa/i sudah melakukan perekaman. Dan 3.353 siswa/i siap melakukan perekaman KTP elektronik melalui program inovasi  Disdukcapil  Goes to School.

Rencana awal inovasi Dukcapil Goes  to  School ini, tambahnya, akan dilaksanakan sejak tanggal 6 Mei sampai dengan 30 juni yang dilakukan di sekolah- sekolah per zona.

Sementara itu Direktur Catatan Sipil Kemendagri, Dr. Handayani Ningrum sangat mengapresiasi sekali adanya program Disdukcapil Goes to School ini, karena bisa mempercepat perekaman dan pencetakan KTP bagi anak-anak yang usianya wajib KTP.

“Saya sih berharap program ini jangan diberi batas waktu, tetapi terus dilakukan secara kontinyu di sekolah-sekolah SMA di Kabupaten Tangerang,” pinta Handayani.

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler