Tahun Ini Pasar Baru Baros Ditarget Selesai Dibangun; Luasnya 2000 Meter

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat di DPRD Kabupaten Serang. Tiga Raperda usulan Bupati Serang disetujui DPRD Kabupaten Serang, salah satunya soal UMKM. (Istimewa)

Serang- Pasar baru yang terletak di kecamatan Baros, Kabupaten Serang akan segera dibangun pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR. Pembangunan tersebut direspon langsung oleh Presiden Joko Widodo setelah Bupati Serang, Ratu Ratu Chasanah menyampaikan aspirasinya.

“Alhamdulillah, Pasar baru Baros segera dibangun oleh pemerintah pusat. Presiden Jokowi juga langsung mengintruksikan ke Pak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Basoeki Hadimoeljono-red) untuk pembangunannya,” ujar Bupati Serang, Ratu Ratu Chasanah di Pendopo Pemkab Serang, Rabu 22 Juni 2022.

Tatu mengatakan, pihaknya sudah mengunjungi Kementrian PUPR untuk menindaklanjuti rencana pembangunan, ternyata dari PUPR sudah meninjau langsung pasar baru Baros. Alokasi anggaran pembangunan pasar baru baros dari pemerintah pusat.

“Ternyata dari PUPR sudah ada yang di tugaskan meninjau pasar baros, karena ini di tengah perjalanan, kan harus membuat detailed engineering design (DED) perencanaannya, DED dikelola Perkim karena tidak ada anggaran dan tidak mungkin membuat kontrak karena waktunya sudah mepet,” katanya.

Dikatakan Tatu, pembangunan pasar tersebut ditargetkan selesai pada tahun ini sesuai dengan arahan pak Presiden. Anggaran sepenuhnya dari pemerintah pusat.

“Karena luas pasarnya tidak terlalu besar Insya Allah bisa selesai tahun ini,” imbuhnya.

Tatu menyebutkan, luas lahan pasar baru baros sebesar 4.200 meter yang rencananya akan di bangun dua lantai. Sementara lahan pada bagian belakang pasar itu milik warga dan tidak ada pembebasan lahan dikarenakan tidak ada anggaran.

“Kalau di belakang itu punya warga yang harus di beli, itu gak mungkin karena kita gak ada anggaran untuk pembebasan,” ungkapnya.

Jadi di lahan 4.200 rencananya bangunan kalau tidak ada lahan parkir jadi bangunan itu di atas luas 2.000 meter naik ke atas dua lantai jadi ada khusus parkir supaya tidak menganggu lalu lintas,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemkab Serang telah merencanakan pembangunan pasar baru di Kecamatan Baros, Namun belum sempat direalisasikan karena Pandemi Covid-19 yang berdampak dengan kondisi keuangan APBD Kabupaten Serang hingga saat ini belum pulih. Oleh karena itu, Tatu mengaku langsung melaporkan kondisi Pasar Baros yang tidak baik.

Editor: Fariz Abdullah

 

 

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...