Connect with us

Berita Utama

Aneh! Kok Bisa Proyek RTH Disperkim Banten Rp 6,1 M ‘Nangkring’ di Lahan yang Diklaim Milik Warga?

Published

on

Lokasi proyek RTH Disperkim Banten senilai Rp 6,1 Miliar di Kecamatan Cikeusik.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Banten di Desa Rancaseneng, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang diduga menggunakan lahan milik warga.

Bahkan proyek yang didanai oleh APBD Banten Tahun Anggaran 2022 senilai Rp6,1 Miliar itu sempat dihentikan karena terkendala status kepemilikan lahan seluas 6.400 meter persegi.

“(Persoalan lahan) belum beres. Kemarin berdasarkan kesepakatan proyeknya  dihentikan sementara. Tapi sekarang sudah dimulai lagi, tapi terkait lahan masih belum ada kejelasan,” kata ahli waris pemilik lahan, Ahmad Suri kepada BantenHits.com, Sabtu 2 Juli 2022.

BACA :  Kawasan Wisata Gunung Luhur Diterjang Longsor, Wabup Ade Jajal Wisata Baru Gunung Kendeng

Menurut Ahmad Suri, pihaknya sudah melakukan somasi pertama dan kedua kepada Disperkim Banten terkait persoalan lahan tersebut.

Somasi itu dilakukan karena keabsahan kepemilikan lahan sudah selesai berdasarkan putusan pengadilan itu tertuang dalam nomor perkara 14/pdt.G/1998/PN.Pdg.

Dalam putusan itu menyatakan bahwa para pihak yang bersengketa antara pihak pertama selalu penggugat yakni Rasim bin Madhari dengan tergugat Edi Pendi sepakat mengakhiri dengan damai (dading).

“Dalam perjanjian damai itu tergugat sepakat bahwa lahan itu milik abah (Rasim). Nah berhubung dari Desa dan masyarakat butuh sehingga lahan itu tetap dipakai lapangan,” tutupnya.

Sementara Kepala Disperkim Banten M Rachmat Rogianto belum merespon upaya konfirmasi dari BantenHits.com melalui sambungan telpon terkait persoalan lahan yang digunakan untuk kepentingan pembangunan RTH di Kecamatan Cikeusik.

BACA :  Angka Pernikahan di Serang Menurun Drastis pada 2022, Kemenag Ungkap Penyebabnya

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler