Connect with us

Berita Terbaru

Gaes Hewan Kurban di Pandeglang Dipastikan Bebas dari PMK; Yang Bilang Bukan Orang Sembarangan Lho

Published

on

Hewan Ternak

Ilustrasi hewan kurban di sebuah tempat penjualan. (Dok.BantenHits.com)

Pandeglang- Bupati Pandeglang, Irna Narulita memastikan hewan kurban untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kabupaten Pandeglang tidak ada yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Irna Narulita mengaku sudah meninjau lapak-lapak yang menjual hewan kurban untuk kebutuhan lebaran nanti. Selama peninjauan, hewan kurban yang siap dipasarkan dalam kondisi baik.

“Kurang lebih ada 50 kelompok (Lapak) yang menjual hewan kurban. Tidak ada temuan PMK, semua dalam kondisi baik dan sehat,” kata Irna, Sabtu 2 Juli 2022.

Irna menegaskan, Pemerintah Daerah sudah menyetop masuknya hewan ternak dari luar daerah. Hal ini sebagai upaya pencegahan agar virus PMK tidak masuk ke Kota Santri.

BACA :  Rangkasbitung Diterjang Banjir hingga Nyaris Merendam Atap Rumah, Warga Tuding Perusahaan Ini Penyebabnya

“Kami sudah mengantisipasi PMK, mulai dari pemeriksaan hingga penyetopan distribusi hewan kurban dari luar daerah. Ya meskipun ada hewan kurban yang masuk, itu kan sebelum ada PMK,” jelasnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Pandeglang ini meminta para pedagang hewan kurban untuk melaporkan ke Dinas terkait apabila ditemukan gejala yang mengarah ke PMK.

“Intinya kita harus hati-hati, kalau ditemukan hewan kurban yang mengarah ke PMK kasih tahu kami,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler