Selama COVID-19 Angka Cakupan Imunisasi Rutin Menurun, Dinkes Pandeglang Lakukan Ini

Date:

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat menghadiri kegiatan penggalangan komitmen, pelaksanaan Bulan Imunisasi Nasional atau BIAN di Kabupaten Pandeglang, Rabu, 6 Juli 2022.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Banten menyebut terjadi penurunan angka cakupan imunisasi rutin yang signifikat selama pandemi COVID-19. 

Menurunya cakupan imunisasi, baik imunisasi dasar maupun imunisasi lanjutan disebabkan karena tenaga kesehatan di Kabupaten Pandeglang difokuskan untuk penanganan COVID-19.

Hal ini terungkap pada kegiatan penggalangan komitmen, pelaksanaan Bulan Imunisasi Nasional atau BIAN di salah satu hotel yang ada di Kabupaten Pandeglang, Rabu 6 Juli 2022.

“Adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal, sehingga beberapa tahun terakhir terjadi penurunan cakupan imunisasi rutin,” kata Kepala Dinkes Pandeglang, Raden Dewi Setiani saat sambutan.

Menurut Dewi, imunisasi rutin perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) yang dialami oleh anak-anak. Dewi memastikan, pada 1 Agustus 2022 akan dilaksanakan BIAN secara serentak di Kabupaten Pandeglang.

“Sasarannya Imunisasi campak rubella usia 9 – 15 bulan tanpa melihat status imunisasi yang telah diterima sebelumnya. Imunisasi kejar anak usia 12- 59 bulan yang belum lengkap imunisasi OPV, IPV, dan DPT HB-HIP,” tandasnya.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta seluruh organisasi lintas sektoral untuk berpartisipasi dalam kegiatan BIAN yang akan dilaunching pertama kali di Kecamatan Mandalawangi.

“Dalam pelaksanaan BIAN ini dibutuhkan strategi serta perencanaan yang matang dan melibatkan semua sektor yang ada bukan hanya sektor kesehatan saja,” tutup Irna.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...