Connect with us

Berita Terbaru

Meski COVID-19 Melandai DPMPD Pandeglang Ingatkan Dana Desa Difokuskan ke Perlindungan Sosial

Published

on

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan mengingatkan agar dana desa tetap difokuskan untuk perlindungan sosial meski COVID-19 sudah melandai. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa atau DPMPD Pandeglang mengingatkan agar Dana Desa (DD) tahun 2022 ini terfokus pada perlindungan sosial, meski penanganan saat ini pandemi COVID-19 sudah melandai.

Sebab penerapan DD tahun ini juga telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) 40 persen, ketahanan pangan 20 persen, penanganan COVID-19 sekitar 8 persen.

“Untuk honor perangkat desa dan guru ngaji sekitar 32 persen,” kata Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan, Kamis 7 Juli 2022.

BACA :  Polresta Tangerang Tangkap Kepala Kuli Pemeras di Proyek Alam Sutera

Doni mengatakan, DD tahun ini tidak boleh digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan para kepala desa harus mengikuti aturan tersebut. Adapun untuk Jalan Desa Mantap Betul (Jadestul) bisa difokuskan pada tahun 2023.

“Jadestul paling di 2023, para kades pasti dilematis dan bingung. Apalagi Kades yang baru, karena kan saat kampanye mereka janjinya pembangunan, tapi nyatanya tahun ini tidak ada pembangunan,” jelasnya.

Doni berharap, para kepala desa segera menentukan titik mana saja yang perlu dimasukan dalam program Jadestul untuk tahun 2023.

“Jadestul ini program integrasi dari Pemkab Pandeglang yaitu Jamantul. Desa harus sudah menyusun titik mana saja yang perlu dibangung untuk tahun 2023 nanti,” tutupnya.

BACA :  Diguyur Hujan, Siswa MTS Mathla'ul Anwar yang Belajar Pakai Tenda Darurat Tak Bisa Ikuti KBM

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler