Keluarga Dilarang Menjemput Jemaah Haji di Embarkasi, Kemenag Serang: Di Pendopo Saja

Date:

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Serang, Muhammad Amin meminta pihak keluarga calon jemaah agar tidak menjemput ke Embarkasi. (IST)

Serang – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang tengah mempersiapkan menjelang kepulangan jemaah haji tahun 2022.

Untuk jadwal kepulangan jemaah haji kloter 1 dijadwalkan pada 25 Juli 2022 tiba di embarkasi Pondok Gede. Sementara bagi jemaah haji kloter ke 2 akan tiba pada 29 Juli 2022.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Serang, Muhammad Amin mengatakan, tidak ada karantina bagi jemaah haji setibanya di embarkasi, namun akan ada pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum pulang.

“Pelayanan kesehatan tetap ada, tapi nanti pihak keluarga tidak diperkenankan untuk menjemput langsung di embarkasi,” kata Amin, Senin 18 Juli 2022.

Dikatakan Amin, setelah di cek kondisi kesehatan seluruh jemaah haji akan dipulangkan melalui titik perkumpulan di pendopo Pemkab Serang. Diperkirakan tiba pada pukul 06.00 WiB.

“Nah, kalau udah di pendopo Pemkab Serang Baru keluarga boleh untuk menjemputnya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Amin, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemkab Serang dan Dinkes untuk menyiapkan kepulangan jemaah haji. Menurutnya, pada tahun ini kesiapannya terutama pelayanan kesehatan sangat dimaksimalkan lantaran masih dalam kondisi pandemi.

“Kalau kondisinya sudah dipastikan sehat, suhu tubuh normal boleh langsung pulang, tetapi kalau ditemukan ada gejala positif akan dirujuk di rumah sakit untuk pemeriksaan,” katanya.

Amin menuturkan, untuk barang bawaan jemaah nantinya diarahkan untuk ditempatkan di Kemenag Kabupaten Serang dan bisa diambil oleh perwakilan keluarganya dengan menunjukkan paspor.

“Jadi jemaahnya kumpul di Pendopo, untuk koper ditempatkan di Kemenag, nanti yang ngambil bisa dari pihak keluarga,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...