Connect with us

Berita Utama

Ridwan Kamil Kalahkan Ganjar Pranowo, Sindirian JK Malah Bikin Publik Ramai-ramai Berikan Senitmen Positif untuk Prabowo

Published

on

Prabowo Subianto menjadi tokoh yang berhasil meraup sentimen positif dari warga berdasarkan analisis Lembaga Survei Jakarta. Di bawahnya ada nama Ridwan Kamil. Ilustrasi: Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama Ridwan Kamil saat masih menjabat Wali Kota Bandung. (FOTO: Humas Pemkot Tangerang)

Jakarta – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berhasil mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pria yang populer dengan sebutan RK ini berhasil meraup sentimen positif sebesar 32,2% dari publik. Raihan ini menempatkan RK pada posisi kedua.

Sementara, Ganjar berada di bawahnya dengan meraup 25,1% sentimen publik. Angka yang diperoleh Ganjar ini sama seperti angka yang diperoleh Agus Harimurti Yudhoyono. Mereka memperebutkan posisi ke tiga dan empat.

Hal tersebut terungkap dari survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) dengan melakukan percakapan warganet di media sosial terhadap figur-figur kandidat calon presiden 2024.

BACA :  Kunjungi Museum Multatuli, AHY Puji Kerja Iti Octavia Jayabaya

Survei LSJ menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP), diklaim sebagai metode baru, untuk mengekstraksi opini dalam bentuk teks.

Dataset diperoleh pada periode 10-20 Juli 2022 dengan teknik ekstraksi knowledge big data dari media sosial, seperti Twitter, FB, IG, TikTok, YouTube, hingga website yang mencakup media berita online dan forum.

Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto menjelaskan teknik ekstraksi knowledge big data, yakni pengolahan sebuah data yang jumlahnya sangat banyak di internet. Fetra mengatakan teknik tersebut dilakukan melalui proses 5 tahapan.

“Big data adalah data yang sangat banyak, bertebaran di dunia maya, dan tidak terstruktur karena saking banyaknya. (Teknik tahapan) Yang pertama, big data, kemudian getting data, filtering data, data analysis, dan visualization data. Jadi informasi yang diperoleh itu dianalisis dan perlu ditampilkan atau divisualisasikan agar dapat dipahami khalayak,” kata Fetra dalam konferensi pers virtual, Minggu, 24 Juli 2022 seperti dikutip BantenHits.com dari detik.com.

Prabowo Tertinggi

BACA :  Anak-anak Yatim Akibat COVID-19 di Pandeglang Tak Bisa Sekolah, Kata-kata Bupati Perempuan Ini Bikin Meleleh

Analisis LSJ menempatkan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai tokoh yang memiliki tingkat sentimen positif tertinggi.

Dalam analisis tersebut mencatat sentimen positif terhadap Prabowo mencapai 62,8%. Di belakang Prabowo ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan sentimen positif sebesar 32,2%.

Kemudian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di posisi yang sama dengan hasil sebesar 25,1%.

Fetra mengatakan tingginya sentimen positif terhadap Prabowo didukung oleh tiga faktor. Ketiga faktor itu tak lepas dari sindiran politikus lain.

“Tingginya sentimen positif Prabowo Subianto dikarenakan 3 faktor, yaitu sindiran Jusuf Kalla, sindiran Zulfan NasDem, dan publikasi survei,” ujarnya.

BACA :  Bawa Tahanan Korupsi, Pegawai Kejari Lebak Dipukul OTK

Sementara untuk sentimen negatif, Fetra memaparkan bahwa Anies Baswedan menempati posisi teratas yakni sebesar 25,6%.

Setelah Anies, tokoh lain yang juga memperoleh sentimen negatif cukup signifikan dari warganet adalah Ganjar Pranowo sebesar 18,3%, disusul AHY sebesar 7,9% dan Puan Maharani sebesar 5,7%.

“Sedangkan sentimen negatif terhadap Prabowo, Sandiaga, Airlangga, dan Ridwan Kamil tergolong rendah,” kata Fetra.

Berikut ini hasil lengkap urutan sentimen positif dan negatif warganet terhadap figur politik.

Sentimen positif:

Prabowo Subianto 62,8%
Ridwan Kamil 32,2%
Agus Harimurti Yudhoyono 25,1%
Ganjar Pranowo 25,1%
Anies Baswedan 20,2%
Puan Maharani 17,9%
Airlangga Hartarto 10,8%
Sandiaga Uno 8,9%

Sentimen negatif:
Anies Baswedan 25,6%
Ganjar Pranowo 18,3%
Agus Harimurti Yudhoyono 7,9%
Puan Maharani 5,7%
Ridwan Kamil 2,4%
Airlangga Hartarto 1,4%
Prabowo Subianto 0,8%
Sandiaga Uno 0,7%

Editor: Fariz Abdullah

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler