Connect with us

Berita Terbaru

Jokowi Ingatkan soal Resesi Global, Zaki Komandoi Gerakan Kebangkitan UMKM sebagai Penangkal

Published

on

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memberikan sambutan saat mendampingi Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki saat membuka Festival UMKM, Bedah Buku dan peresmian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Desa Cengkok, Kecamatan Balaraja, Minggu, 31 Juli 2022.(Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis kearifan lokal merupakan garda terdepan dan menjadi bagian inti dalam upaya menghadapi resesi global.

UMKM harus terus ditingkatkan dan diperkuat kapasitasnya secara kontinyu dan berkelanjutan, melalui kegiatan-kegiatan, salah satunya seperti festival.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat mendampingi Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki saat membuka Festival UMKM, Bedah Buku dan peresmian Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di Desa Cengkok, Kecamatan Balaraja, Minggu, 31 Juli 2022.

BACA :  Diskominfo Lebak Minta Pegawai Tingkatkan Kinerja di Bulan Ramadhan

“Beberapa kali Bapak Presiden mengingatkan terkait dampak ancaman resesi dunia dan juga turunnya laju pertumbuhan ekonomi dunia, tapi saya yakin mudah-mudahan dengan bergerak terus, UMKM baik di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten maupun di Indonesia, mudah-mudahan kita bisa menghindari resesi global ini,” kata Zaki seperti dilansir dalam laman resmi Pemkab Tangerang.

Pemerintah Kabupaten Tangerang, lanjutnya, berkomitmen terhadap penggunaan produk lokal dan produk asli Indonesia.

Penggunaan produk lokal akan digiatkan dan digencarkan terutama dalam hal-hal yang bisa menggerakan roda perekonomian di daerah maupun di Provinsi Banten pada umumnya.

“Saya sangat senang sekali bisa hadir dalam Festival Cengkok ini dan saya sangat bangga dengan kegiatan yang dilakukan di sini. Selamat kepada panitia yang sudah bekerja sedemikian rupa, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi kegiatan reguler baik di Kecamatan Balaraja maupun Kabupaten Tangerang,” ungkapnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat mendampingi Menteri Koperasi sna UKM Teten Masduki di Festival UMKM di Desa Cengkok Balaraja. (Foto: tangerangkab.go.id)

Hal Senada diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurut dia, Festival Cengkok tersebut bukan saja pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan UKM tapi juga literasi membaca.  Selai itu juga, ada upaya pelatihan untuk pengembangan masyarakat.

BACA :  Peringatan HUT RI Diharapkan Pererat Silaturahmi dan Tingkatkan Pelayanan RSUD Tangerang

“Saya kira ini sangat baik. Cengkok enggak mau kalah sama dengan Citayam. Memang sekarang ini di mana-mana sedang tumbuh semangat masyarakat untuk berkembang, di era teknologi digital, di pelosok manapun kita bisa terhubung ke dunia lewat teknologi digital. Ini harus dimanfaatkan betul supaya bisa terhubung ke dunia luar,” terang Teten.

Menurut dia, produk UMKM harus dengan baik dikelola dan dikembangkan secara digital agar bisa masuk pasar global. Lanjutnya, era saat ini tidak perlu punya toko di tempat-tempat strategis seperti di mall, tetapi cukup dengan teknologi digital sekarang ini, memungkinkan kita bisa memiliki toko secara digital.  

“Saya sanagat mengapresiasi kepada teman-teman penggerak di masyarakat seperti di Cengkok dan kawan-kawan di Tangerang ini. Kita butuh penggerak masyarakat dari unsur masyarakat itu sendiri,” jelasnya.

BACA :  Cinta Dunia Otomotif, Walikota Serang dapat Penghargaan

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler