Connect with us

Berita Terbaru

Duh, 21 Kegiatan di Pandeglang Jadi Temuan BPK Gegara Kelebihan Bayar; Nilainya Setara Harga Mobil Mewah

Published

on

Ilustrasi APBD

Foto Ilustrasi/Tribunnews.com

Pandeglang- Sebanyak 21 kegiatan di 6 organisasi perangkat daerah (OPD) jadi temuan Badan Pengelola Keuangan (BPK) RI perwakilan Banten.

Pasalnya, ke 21 kegiatan yang dikelola oleh BPKD, DPUPR, DPKPP, Dikpora, BPBDPK dan DP2KBP3A itu mengalami kelebihan pembayaran.

Temuan itu terungkap dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengatakan, sudah menindaklanjuti semua temuan tersebut. Ke 21 kegiatan itu senilai Rp1.787.992.657,47,-

“Temuan kerugian negara atau kelebihan pembayaran sudah dikembalikan ke Kas Daerah,” kata Fahmi, Kamis 4 Agustus 2022.

Fahmi menjelaskan, tindaklanjut dari temuan BPK tersebut diselesaikan Inspektorat tepat waktu. Ia mengakui memang sedikit kesulitan dalam menagih kelebihan pembayaran itu ke masing-masing OPD.

BACA :  Begini Kekhawatiran MUI Pandeglang Setelah Pemkab Lebak Cekal Gafatar

“Hasil kerja keras kami temuan itu dapat diselesaikan sesuai target yang ditentukan. Meskipun sedikit kesulitan nagihnya,” ujarnya.

Fahmi juga mengaku sempat ingin melaporkan temuan tersebut ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang. Sebab OPD yang menjadi temuan sulit untuk membayar temuan.

Namun karena hasil kerja kerasnya dalam melakukan penagihan yang membuahkan hasil, Inspektorat tak jadi melaporkan para pihak yang terlibat kerugian negara tersebut.

“Tadinya kan saya mau lapor ke Kejaksaan, ternyata sudah beres semuanya mengembalikan kelebihan pembayaran tersebut. Ya itu juga hasil kerja keras kami, kalau tidak dilakukan door to door, kemungkinan sulit mengembalikan,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah 

 



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler