Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Pandeglang Jor-joran Bantu Petani Porang, Gelontorkan Rp14 Miliar Bangun SIKM

Published

on

Lokasi pembangunan SIKM Pengolahan Umbi Porang. Pemerintah daerah menyiapkan anggaran Rp14 miliar. (Bantenhits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang mulai membangun Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) pengolahan umbi porang senilai Rp14 Miliar.

Pembangunan yang didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran (TA) 2022 itu terletak di Kampung Sugal, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang.

“Ya sudah mulai dibangun, MC 0 (Nol) nya minggu lalu. Di lapangan sudah mulai ada pekerjaan dari pihak kontrakor,” kata Kepala Diskoperindag Pandeglang, Suaedi Kurdiatna, Sabtu 6 Agustus 2022.

Menurut Suaedi, SIKM pengolahan porang ini terdiri dari pembangunan gedung senilai Rp8.149 Miliar dikerjakan oleh CV Mahatama Karya, jalan lingkungan dan infrastruktur penunjang Rp2.847 Miliar oleh CV Careham, pengadaan mesin senilai Rp1.828 oleh CV Abrehom Banten

BACA :  Bantuan Sosial dari Kemensos untuk Warga Terdampak Covid-19 di Lebak Cair; Tahap Pertama 39.100 KK

Sedangkan instalasi pengolahan air limbah senilai Rp500 juta dan instalasi pengolahan air bersih senilai Rp300 juta dikerjakan oleh CV Trijahta.

“Pelaksanaan kegiatannya bersama-sama dengan jangka waktu 150 hari kalender,” jelasnya.

Suaedi meminta pihak pelaksana bisa mengerjakan pembangunan SIKM dengan baik sesuai yang tercantum dalam spesifikasi teknis dan perencanaan pembangunan. Sebab Suaedi tidak ingin, SIKM tersebut berkualitas buruk.

“Saya minta pihak pelaksana mengerjakan SIKM dengan baik, supaya kualitanya baik. Mudah-mudahan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah

 



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler