Jawaban Tegas Rakyat Indonesia Ketika Ditanya ‘Seandainya Saat Ini Pilpres, Siapakah yang Saudara Pilih?’

Date:

Menhan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China di laut Natuna, dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140. (Foto/Kiswondari)

Jakarta – Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) menggelar survei kepada warga negara Republik Indonesia pada 1-8 Agustus 2022.

Mereka yang disurvei merupakan warga yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Berdasarkan survei IPS itu, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tembus 30,2%. Perolehan ini menempatkan Prabowo di posisi puncak.

Berdasarkan keterangan tertulis IPS, Rabu,10 Agustus 2022, survei IPS dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.

Sampel yang diperoleh petugas-petugas survei IPS yang tersebar di seluruh Indonesia terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui apakah sampel survei IPS kali ini valid atau tidak.

Dalam survei ini, IPS menanyakan kepada responden soal Pilpres 2024. Pertanyaannya adalah, ‘Seandainya saat ini dilaksanakan pilpres, siapakah yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih dari sejumlah tokoh?’

Prabowo Subianto: 30,2%
Ganjar Pranowo: 19,8%
Anies Baswedan: 18,9%
Ridwan Kamil: 7,2%
Sandiaga Uno: 5,7%
Agus H Yudhoyono: 4,4%
Erick Thohir: 3,7%
Puan Maharani: 2,9%
Airlangga Hartarto: 2,5%
Muhaimin Iskandar: 1,9%
Undecided: 2,8%

“Secara umum belum ada perubahan preferensi capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas, sementara elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan,” kata peneliti senior IPS, Alfin Sugianto.

Sebanyak 30,2% responden mengaku akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian 19,8% responden menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo dan 18,9% akan memilih Anies Baswedan.

“Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai sebagi capres oleh komunitas-komunitas,” imbuh Alfin Sugianto seperti dikutip BantenHits.com dari detik.com.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...