Connect with us

Berita Utama

Jawaban Tegas Rakyat Indonesia Ketika Ditanya ‘Seandainya Saat Ini Pilpres, Siapakah yang Saudara Pilih?’

Published

on

Menhan Prabowo Subianto menjawab ancaman kapal perang China di laut Natuna, dengan membawa pulang teknologi kapal perang canggih jenis Frigate tipe Arrowhead 140. (Foto/Kiswondari)

Jakarta – Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) menggelar survei kepada warga negara Republik Indonesia pada 1-8 Agustus 2022.

Mereka yang disurvei merupakan warga yang sudah mempunyai hak pilih atau penduduk telah berusia 17 tahun dan atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Berdasarkan survei IPS itu, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tembus 30,2%. Perolehan ini menempatkan Prabowo di posisi puncak.

Berdasarkan keterangan tertulis IPS, Rabu,10 Agustus 2022, survei IPS dilaksanakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

BACA :  Gagal Beraksi, Pelaku Pecah Kaca di Kelapa Dua Diamuk Massa

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Margin of error survei +- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.

Sampel yang diperoleh petugas-petugas survei IPS yang tersebar di seluruh Indonesia terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui apakah sampel survei IPS kali ini valid atau tidak.

Dalam survei ini, IPS menanyakan kepada responden soal Pilpres 2024. Pertanyaannya adalah, ‘Seandainya saat ini dilaksanakan pilpres, siapakah yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih dari sejumlah tokoh?’

Prabowo Subianto: 30,2%
Ganjar Pranowo: 19,8%
Anies Baswedan: 18,9%
Ridwan Kamil: 7,2%
Sandiaga Uno: 5,7%
Agus H Yudhoyono: 4,4%
Erick Thohir: 3,7%
Puan Maharani: 2,9%
Airlangga Hartarto: 2,5%
Muhaimin Iskandar: 1,9%
Undecided: 2,8%

BACA :  Lima Napi di Lapas Kelas IIA Serang Dapat Resmisi Khusus Hari Raya Waisak 2021

“Secara umum belum ada perubahan preferensi capres dibandingkan survei IPS sebelumnya. Hanya Prabowo Subianto yang mengalami peningkatan elektabilitas, sementara elektabilitas tokoh-tokoh lain cenderung stagnan,” kata peneliti senior IPS, Alfin Sugianto.

Sebanyak 30,2% responden mengaku akan memilih Prabowo Subianto. Kemudian 19,8% responden menyatakan akan memilih Ganjar Pranowo dan 18,9% akan memilih Anies Baswedan.

“Hasil survei IPS kali ini menegaskan bahwa untuk pertama kalinya elektabilitas Prabowo Subianto menembus angka 30%. Padahal selama ini Ketua Umum Partai Gerindra itu belum banyak melakukan gerakan di masyarakat dan dideklarasikan sebagai sebagi capres oleh komunitas-komunitas,” imbuh Alfin Sugianto seperti dikutip BantenHits.com dari detik.com.

Editor: Fariz Abdullah

BACA :  Teaching Factory, Model Pembelajaran yang Diharapkan Atasi Persoalan Lulusan SMK Siap Kerja

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler