Connect with us

Berita Terbaru

Pembangunan Tambak Udang Rancapinang ‘Diwarning’ Pemerintah; Tolong Taat Aturan!

Published

on

Kabid Pengelolaan dan Pembudidaya Ikan Diskan Pandeglang, Iik Syakhabyatin saat survei site pland pembanguan tambak udang di Rancapinang. (Bantenhits/Engkos Kosasih)

Pandeglang– Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang meminta PT. Laksa Intan Sukses Makmur Abadi dapat mentaati aturan terkait kegiatan tambak udang di Kecamatan Cimanggu.

Diketahui saat ini PT tersebut tengah melakukan pembangunan tambak udang di area lahan seluas 90 hektar yang terletak di Kampung Aerjeruk, Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu.

Berdasarkan pola ruang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) lahan seluas 90 hektar tersebut terdiri dari sawah seluas 30 hektar, perkebunan 40 hektar dan 20 hektar merupakan sepadan pantai.

Lahan sawah yang digarap untuk kegiatan tamabak tersbeut disebut sawah tidak produktif atau tak masuk dalam Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

BACA :  Emak-emak di Warunggunung Ikut Pelatihan Pengrajin Emping Melinjo PNM Mekaar

Kabid Pengelolaan dan Pembudidaya Ikan Diskan Pandeglang, Iik Syakhabyatin mengaku sudah melakukan survei lapangan terkait permohonan kesesuian site pland rencana pembangunan tambak udang tersebut.

“Kami sudah lakukan survei ke lokasi terkait site pland dan lokasi yang dimohon sudah sesuai dengan Perda RTRW,” kata Iik dalam keterangan tertulis, 16 Agusgus 2022.

Tak hanya itu, perusahaan tambak udang tersebut juga diminta Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta sarana penunjang lainnya dan melakukan kajian lingkunga baik SPPL, UKL, UPL ataupun Amdal.

“Perusahaan wajib mentaati aturan yang berlaku, dan kami harap masyarakat yang belum bekerja dapat dilibatkan di tambak tersebut,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

BACA :  Inalillahi, Tiga Warung Nasi di Depan SPBU Saketi Pandeglang Ludes Terbakar

Caption : Kabid Pengelolaan dan Pembudidaya Ikan Diskan Pandeglang, Iik Syakhabyatin saat survei site pland pembanguan tambak udang di Rancapinang.

 



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler