Lelang Pulau Liwungan Harus Transparan!

Date:

Ilustrasi Pulau Liwungan di Kabupaten Pandeglang. (Istimewa).

Pandeglang – Forum Pemuda Citeureup (FPC) meminta Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Pandeglang melibatkan warga dalam proses lelang Pulau Liwungan.

Tujuannya, agar warga dapat mengetahui investor mana yang serius dalam mengelola Pulau yang terletak di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang ini.

Kepala Bidang Pariwisata Forum Pemuda Citeureup, Yoga Firdaus mengatakan, sejak PT Bahtera Banten Jaya (BBJ) habis kontrak pada 2019 lalu, Pulau tersebut belum dikelola dengan baik.

Kondisi Pulau semakin tidak terawat dan kumuh. Oleh karena itu, Yoga mengaku mendukung rencana lelang Pulau Liwungan dengan catatan Pemkab Pandeglang transparan dan dapat melibatkan warga dalam proses lelang.

“Kami mendukung jika memang Pulau tersebut mau dilelangkan. Tapi Pemerintah juga harus transparan dan melibatkan masyarakat, supaya kami juga tahu mana nih investor yang serius,” kata Yoga, Kamis 18 Agustus 2022.

Menurut Yoga, perlu ada kolaborasi antara Pemerintah, Investor dan warga untuk mengelola Pulau tersebut. Jika ada satu unsur saja tidak dilibatkan maka pengelolaan Pulau Liwungan akan stagnan.

“Yang saya tahu masyarakat tidak dilibatkan dalam rencana lelang ini. Harusnya jangan seperti itu jika Pandeglang ingin maju,” tutupnya.

Sementara Ketua Forum Pemuda Citeureup, Awang Gustiawan mengaku akan segera melakukan audiensi dengan DPKAD Pandeglang  tekait pulau tersebut. Sebab, Awang menilai rencana lelang itu tidak disosialisasikan pada warga.

“Secara teritorial Pulau tersebut masuk ke Desa Citeureup. Jadi wajar kalau kami sebagai masyarakat dilibatkan dan ikut mengawasi proses lelang Pulau Liwungan ini,” tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...