Panitia PHBN Kecamatan Cikeusik Buka Suara soal Paskibraka Tak Diberi Makan dan Minum

Date:

Anggota Paskibraka Cikeusik Kabupaten Pandeglang saat menjalankan tugas mengibarkan merah putih pada upacara HUT RI ke-77. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PBHN) Kecamatan Cikeusik, buka suara terkait Tim Paskibraka yang tak diberi makan-minum selama 3 hari di perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77.

Ketua PHBN Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Sumarna mengaku, sudah berdialog dengan Tim Paskbra dan Muspika Cikeusik terkait hal tersebut. 

“Kejadian itu hanya salah paham. Terjadi mis komunikasi anatara panitia dan Tim Paskibra,” ungkapnya, Sabtu 20 Agustus 2022.

“Dan apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti, harus cepat dikoordinasikan agar permasalahan cepat selesai,” sambungnya.

Sementara Ketua Tim Purna Paskibra Cikeusik, Diki Kurniawan mengakui terjadi mis komunikasi.

Namun pihak Muspika Kecamatan menyampaikan hal tersebut adalah suatu pelajaran dan bahan evaluasi kedepan agar bagaimana semua kegiatan bisa terorganisir dengan baik.

“Saya Diki Kurniawan Ketua Purna Paskibra Cikeusik, mengklarifikasi video yang kemarin viral di media sosial mengenai keterlambatan makan Paskibra selama Karantina. Itu adalah mis komunikasi antara Paskibra dengan panitia PHBN,” ungkap Diki dalam video yang diunggah @keccikeusik.pandeglang

Sebelumya, Paskibra Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, tak mendapatkan perhatian serius dari panitia pelaksana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 dan Pemerintah Kecamatan.

Bahkan tim Paskibra ini seakan diterlantarkan. Pasalnya, mereka tak dikasih makan dan minum selama tiga hari berkecimpung dalam dalam HUT RI ke-77.

Pengakuan ini diungkapkan oleh Ketua Tim Paskibra Kecamatan Cikeusik, Diki Kurniawan melalui sebuah video.

Dalam video berdurasi 2.02 menit itu, Diki Kurniawan menceritakan pengalaman pahit Tim Paskibra Kecamatan Cikeusik yang tak mendapat perhatian panitia HUT RI dan pihak kecamatan.

“Makan tidak dikasih, minum juga tidak dikasih. Kita selama ini seadanya saja, paling dibantu oleh pembina Paskibra,” kata Diki Kurniawan dalam video yang diterima BantenHits.com, Rabu 17 Agustus 2022.

Diki menjelaskan, kebutuhan tim Paskibra ditopang oleh pihak lain yang cinta terhadap Paskibraka. Tak hanya kali ini, Paskibra Cikeusik juga pada tahun 2019 mendapat perlakuan yang sama.

Beruntung kala itu tim Paskibra dibantu oleh Pembina, Rumah Yatim dan pihak lainnya yang saat ini tidak terlibat. Namun tahun ini, dua lembaga tersebut tidak ikut campur karena mengira kebutuhan Paskibra bakal ditopang oleh panitia dan pihak Kecamatan.

“Paling dibantu Bang Eri selaku pembina Paskibra. Jika tidak ada orang-orang itu kami keteteran,” tambahnya.

BantenHits.com menghubungi Diki Kurniawan melalui sambungan telepon. Dalam wawancara by phone tersebut, Diki mengaku satu anggotanya pingsan akibat tidak dikasih makan.

“Iya betul, Kang. Saya bicara yang sebenarnya di video itu. Bahkan tadi saat penurunan bendera merah putih ada anggota saya yang pingsan,” ujarnya.

Diki menjelaskan sudah berkomunikasi dengan pihak panita terkait masalah makan dan minum anggota Paskibraka. Panitia menyebut akan membelikan makan pada pukul 21.00 WIB.

“Nah anggota Paskirba kan sudah pulang kalau jam segitu. Mau ngasih makan tapi malam, kenapa enggak dari siap atau sore,” tutupnya.

Sementara Camat Cikeusik, Wahyu tidak memberikan jawaban terkait masalah tersebut. Karena menurut dia, hal itu tanggungjawab panita tingkat Kecamatan. 

“Itu ada panitia pelaksananya, kebetulan saya sedang tidak enak badan atau sakit,” singkat Wahyu.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...

Soal Maraknya Spanduk Bergambar ASN Jelang Pilkada, BKPSDM: Mungkin Itu Bentuk Kecintaan Masyarakat

Berita Tangerang - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber...

Dua Calon Bupati Tangerang 2024-2029 Sudah Mengambil Formulir di DPC Demokrat, Mad Romli Jadi yang Pertama

Berita Tangerang - Dua calon bupati Tangerang 2024-2029 sudah...