Connect with us

Berita Terbaru

Dari Tangerang Perempuan-perempuan Hebat Ini Menyuarakan Kepedulian untuk Kaum Hawa se-Jagat Raya

Published

on

Ketua TP-PKK Kabupaten Tangerang, Yuli Zaki Iskandar bersama Ketua YKPI, Linda Agum Gumelar saat menghadiri program pelatihan proyek Extention of Community Healthcare Outcomes (ECHO) di Kabupaten Tangerang. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi di Indonesia dengan jumlah kasus mencapai 65.858 jiwa.

Kanker ini menjadi ‘perenggut’ nyawa kelas wahid dengan jumlah kematian di Indonesia mencapai 22.430 jiwa.

Berangkat dari data yang mengerikan itu, para perempuan hebat di Kabupaten Tangerang yang tergabung Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Tangerang bergerak menyuarakan pentingnya deteksi dini terhadap kanker payudara.

Salah satu upaya yang dilakukan TP PKK Kabupaten Tangerang adalah menggelar penyuluhan Pemeriksaan Payudara oleh Diri Sendiri (SADARI) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) melalui program pelatihan proyek Extention of Community Healthcare Outcomes (ECHO).

BACA :  Awas! Berkeliaran di Lebak dan Pandeglang, Tiga Emak-emak Ini Bisa Bikin Warga Tak Sadar Lalu Menyerahkan Harta

Kegiatan yang bekerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini digelar di Aula Kantor Kecamatan Kelapa Dua, Selasa, 23 Agustus 2022.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tangerang, Yuli Zaki Iskandar berharap, melalui program SADARI dan SADANIS ini, dapat memberikan pemahaman pentingnya menjaga kesehatan pada payudara.

“Saya sangat mengapresiasi dan juga berterimakasih kepada YKPI atas kegiatan penyuluhan yang dilakukan di Kabupaten Tangerang ini, dan ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi kami untuk menambah pengetahuan,” kata Yuli seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, wanita khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang dapat lebih dini, lebih jeli, dan lebih peduli untuk memeriksa dan menjaga kesehatan payudara,” sambungnya.

BACA :  Tak Penuhi Nilai Ambang Batas, 35 Honorer K2 di Lebak Gagal Lulus Seleksi CPNS

Menurut Yuli, kegiatan penyuluhan sangat penting untuk para wanita di Kabupaten Tangerang. Mengingat, dalam kegiatan ini peserta diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk melakukan deteksi dini kanker payudara.

“Dari PKK sendiri ada 100 peserta yang ikut dalam kegiatan ini, semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi terhadap penurunan kasus kanker payudara di Indonesia khususnya di Kabupaten Tangerang” ujarnya.

Sementara itu, Ketua YKPI, Linda Agum Gumelar mengatakan, program pelatihan proyek ECHO yang digelar di Kabupaten Tangerang merupakan proyek percontohan.

“Ini merupakan proyek dengan model ECHO tentang deteksi dini kanker payudara yang pertama kali dilakukan oleh YKPI, di Kabupaten Tangerang sendiri kami menggelar di 2 lokasi, yakni di Kecamatan Kelapa Dua dan juga di Kecamatan Curug,” kata Linda.

BACA :  Dihadapan Pegawai dan Guru RA, Kemenag Serang Doakan Ratu Tatu Chasanah Lanjutkan Kepemimpinan

Linda mengatakan, YKPI selaku yayasan yang peduli akan kanker payudara akan terus berupaya untuk menekan angka kasus kanker payudara. Salah satunya adalah dengan terus melakukan edukasi serta penyuluhan terhadap pentingnya menjaga payudara itu sendiri.

“Kami tidak pernah terus berhenti untuk mencapai visi itu (menurunkan angka kasus kanker payudara). Kami akan selalu terus bergerak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya skrining dan deteksi dini kanker payudara. Kami yakin melalui kegiatan seperti ini sangat efektif untuk mendukung terwujudnya deteksi dini kanker payudara di Indonesia,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler