Sudah 10 Hari Bantuan Pemkab Pandeglang Tak Kunjung Datang ke Warga Terdampak Puting Beliung di Patia

Date:

Salah satu rumah warga nampak rusak beratbakibat puting beliung yang melanda Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang, 14 Agustus 2022. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Pandeglang belum bertindak. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang hingga saat ini belum melakukan penanganan rumah rusak akibat bencana puting beliung di Kampung Rancadulang, Desa Pasirgadung, Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang.

Diketahui puting beliung melanda wilayah tersebut pada 14 Agustus 2022. Sedikitnya 7 unit rumah warga mengalami rusak ringan, sedang dan berat.

Warga yang rumahnya mengalami rusak berat terpaksa harus mengungsi di tenda darurat sambil menunggu perbaikan. Namun sayang perbaikan yang dinanti belum juga tiba meski 10 hari telah berlalu sejak bencana.

“Dari 7 rumah itu ada 3 rumah rusak berat, dan 4 rumah warga rusak ringan. Rumah korban yang rusak berat gak bisa ditempati, takut kayunya ambruk,” kata Kepala Desa Pasirgadung, Nurmala, Rabu 24 Agustus 2022.

Rumah warga yang kondisinya rusak berat tidak bisa digunakan kembali. Oleh kerena itu warga terpaksa harus mengungsi di tenda darurat. Namun, kini sudah ditempatkan di rumah keluarganya.

“Pas kejadian kemarin itu korban tinggal di tenda, tapi sekarang mereka tinggal di rumah saudaranya, karena gak bisa mereka tinggal di tenda, apalagi sekarang cuacanya lagi hujan, angin,” tuturnya.

Nurmala berharap, korban terdampak angin puting beliung segera mendapatkan bantuan dana perbaikan rumah dari Pemkab Pandeglang.

“Proposal pengajuan bantuan dana perbaikan rumah korban sudah kita usulkan, tapi sampai sekarang belum ada bantuan dana. Hanya korban menerima bantuan sembako dari pemda,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial Pandeglang, Muslim Taufik mengaku belum melakukan verifikasi rumah rusak tersebut. Sehingga dana perbaikan tidak bisa dicairkan

“Proposalnnya sudah kami terima, tapi belum kita verifikasi. Nanti kita verifikasi dulu,” katanya.

“Semoga bulan Agustus ini anggarannya sudah ada. Per satu unit rumah dengan kategori rusak berat dapat bantuan dana Rp 5 juta, rusak sedang Rp 3 juta, dan rusak ringan Rp 2 juta,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...