Pelajar Mau Masuk Museum Multatuli Harus Bayar Rp1.000, Turis Rp15 Ribu

Date:

Museum Multatuli
Museum Multatuli. (Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak memberlakukan tiket masuk untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Museum Multatuli. Rencananya kebijakan itu akan berlaku di tahun 2023.

Kabarnya, ada tiga golongan tiket yang akan diberlakukan masing-masing untuk pelajar, umum dan turis mancanegara.

Berdasarkan Perbup Nomor 36 Tahun 2022 tentang Peraturan Tarif Retribusi Jasa Usaha tiket untuk pelajar yakni Rp 1.000, Umum Rp 2.000, dan mancanegara Rp 15.000.

Kepala Museum Multatuli Ubaidillah Muctar mengatakan pemberlakuan tiket tersebut merupakan bagian dari pengelolaan keuangan di Museum Multatuli.

“Tiket menjadi sebuah keharusan, kita ingin mencoba merealisasikan pengelolaan kemandirian dalam keuangan,” kata Kepala Museum Multatuli, Ubaidillah Muchtar, Selasa, 23 Agustus 2022.

“Yang pasti pemberlakuan akan secepatnya, misalnya perkiraan tahun 2023 awal sudah digunakan,”sambungnya.

Terkait dengan sistem pembayaran yang digunakan, Ubaidillah menyampaikan bahwa sistem pembayaran masih dalam tahap pengkajian apakah dengan sistem tunai atau non-tunai.

Saat ini pihak pengelola UPTD Museum Multatuli masih berkoordinasi dengan Bidang Destinasi dan Bapenda Lebak untuk menetapkan sistem pembayaran.

Ubaidillah juga mengungkapkan bahwa dengan diberlakukannya tiket masuk tersebut akan kembali ada penambahan tema baru di dalam ruangan Museum Multatuli.

“Jadi akan digitalisasi pemimpin lebak di ruang 7, jadi ingin tema museum ini lebih atraktif bagi pengunjung. Museum sarana edukasi bagi masyarakat, karena Museum Multatuli merupakan museum anti kolonialisme pertama di Indonesia,” ucapnya.

Untuk pengunjung juga bisa mengunkunjungi Museum Multatuli secara virtual, melalui Virtual.museummultatuli.id, dan bisa langsung mengaksesnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...