Bupati Tangerang Berencana Upgrade ‘Si Doni’ supaya Bisa Beri Pelayanan Maksimal, Apa Itu?

Date:

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat audiensi dengan pengurus PMI Kabupaten Tangerang, bersama BJB, RSUD Tangerang, Balaraja dan RSUD Pakuhaji di Ruang Rapat Solear, Lantai 3, Gedung Bupati Tangerang, Kamis, 25 Agustus 2022. Dalam audiensi tersebut, Zaki ingin aplikasi Si Doni alias Sistem Donor Darah yang dimiliki PMI Kabupaten Tangerang dipugrade agar terintegrasi dengan aplikasi layanan kesehatan lain. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan, pihaknya akan mengupgrade ‘Si Doni’ supaya bisa melayani warga secara maksimal.

Apa itu ‘Si Doni’? Ternyata, Si Doni merupakan akronim alias kependekan dari Sistem Informasi Donor Darah yang dimiliki PMI Kabupaten Tangerang.

Rencana upgrade Si Doni mengemuka saat Zaki menerima audiensi pengurus PMI Kabupaten Tangerang, bersama BJB, RSUD Tangerang, Balaraja dan RSUD Pakuhaji di Ruang Rapat Solear, Lantai 3, Gedung Bupati Tangerang, Kamis, 25 Agustus 2022.

Menurut Zaki, ke depan Si Doni yang terintegrasi bukan hanya untuk melayani donor darah secara digital tetapi juga layanan kesehatan masyarakat lainnya.

Si Doni, lanjutnya, nantinya juga terintegrasi dengan layanan kesehatan yang telah dimiliki oleh RSUD dan pihak-pihak penyelenggara kesehatan lainnya.

“Aplikasi Si Doni ini sekarang akan diupgrade demi melayani informasi kesehatan di Kabupaten Tangerang,” ungkap Zaki seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Zaki berharap aplikasi Si Doni lebih memudahkan masyarakat dalam memenuhi informasi layanan kesehatan, seperti kebutuhan mobil ambulans, mobil jenazah hingga informasi ketersediaan ruang rawat inap di rumah sakit dan jadwal dokter di rumah sakit umum maupun swasta.

“Nantinya aplikasi Si Doni yang diupgrade ini akan menjadi jembatan ke alpikasi layanan kesehatan yang ada di Kabupaten Tangerang agar lebih memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tangerang, dr. Zainal Muttaqien, MARS menambahkan aplikasi Si Doni itu akan terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan pelayanan tidak hanya kebutuhan darah di Kabupaten Tangerang namun juga layanan kesehatan dasar masyarakat nantinya.

Menurut Zainal, aplikasi Si Doni tersebut sangat mudah, dapat diunduh melalui google play store, dipasangkan dan kemudian dioperasikan melalui perangkat android masing-masing. Saat ini aplikasi tersebut telah digunakan lebih dari 90 ribu  pengguna dan semakin bertambah setiap harinya. 

“Si Doni kita upgrade, yang tadinya hanya melayani seputar pendonor darah, akan juga terintegrasi melayani informasi kebutuhan pelayanan kesehatan seperti kebutuhan ruang di rumah sakit, kebutuhan ambulance, hingga jadwal dokter di rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan PMI,” jelas Zainal. 

Fitur yang akan ditambahkan pada aplikasi Si Doni nantinya, bebernya di antaranya berupa fitur pemesanan ambulans, kontak gawat darurat RS, jadwal praktek dokter, Info kamar perawatan dan fasilitas rumah sakit.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...