Connect with us

Berita Pemda

Camat di Lebak Ramai-ramai Dikukuhkan Jadi Orang Tua Asuh Anak Penderita Stunting

Published

on

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi saat mengukuhkan camat menjadi orang tua asuh anak stunting di Kabupaten Lebak. (Istimewa)

Lebak– Para camat di Kabupaten Lebak resmi dikukuhkan sebagai orang tua asuh anak stunting. Tujuannya untuk menekan kasus masalah kurang gizi kronis di Kabupaten Lebak.

Diketahui, Kabupaten Lebak menjadi daerah tertinggi kedua di Provinsi Banten dalam kasus stunting yang mencapai 27,3 persen. Sedangkan kasus paling tinggi terdapat di Kabupaten Pandeglang mencapai 37,8 persen.

Wakil Bupati Lebak,Ade Sumardi mengatakan capaian kasus stunting di Kabupaten Lebak terdapat kejanggalan. Pasalnya, saat tim Kabupaten Lebak terjun ke lapangan jumlah anak yang terkena stunting hanya berkisar 25 persen.

BACA :  Barbuk Kasus Selama Tahun 2020 Dimusnahkan Kejari Kab. Tangerang, Apa Saja?

“Itu kan angka. Sedangkan pas kami tanya mana orangnya, malah tidak tau, gimana kami mau menanganinya sedangkan orangnya saja tidak ada,”kata Ade dalam acara pengukuhan orang tua asuh anak stunting di Aula Multatuli Setda Lebak, Kamis, 16 September 2022.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen untuk menangani kasus stunting, semua elemen harus bergabung termasuk para pengusaha siap tidak siap harus siap. Masa melihat kasus ini cuman diam saja,” sambung Ketua DPD PDI Perjuangan Banten ini.

Ia menjelaskan, indikator yang menyebabkan angka stunting di Kabupaten Lebak tinggi karena disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kurangnya gizi pada anak, karena keturunan dan lain sebagainya

BACA :  Si Jago Merah Mengamuk di Kawasan Citra Raya, Ruko Plastik Ludes Terbakar

“Pemikiran masyarakat Lebak ketika akan memberi makan anak nya ini karena biyaya nya mahal. Padahal untuk memenuhi gizi anak sangat murah, misal pengen sayur tinggal manfaatkan lahan yang kosong kemudian ingin makan daging dan ikan tinggal berternak, kalau tidak punya bibit dan bahan ternaknya tinggal ajukan ke Dinas terkait,”jelasnya.

Ade berharap dengan dikukuhkannya Bapak asuh anak balita yang terkena stunting bisa menekan kasus stunting di Kabupaten Lebak.

“Tugas mereka adalah mengurus dan memberikan suntikan dana kepada para penyandang stunting di Kabupaten Lebak,”tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler