Connect with us

Berita Terbaru

Sinar Mas Dirampok; Pelaku Berpakaian Serba Hitam Umbar Tembakan, Kabur lewat Lobi 1 Utara ITC BSD

Published

on

Toko Sinar Mas yang berada di Lantai Dasar ITC BSD dirampok, Jumat, 16 September 2022. (FOTO: detik.com)

Tangerang – Aksi perampokan di siang hari bolong menggegerkan kawasan ITC BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat, 16 September 2022 sekitar pukul 11.47 WIB.

Pelaku berpakaian serba hitam dan bersenjata api menyasar toko emas Sinar Mas yang berada lantai dasar ITC BSD. Sejumlah perhiasan emas yang ada di dalam etalase toko dibawa kabur. Pelaku juga sempat membuaang tembakan dan menodongkan pistol ke pengunjul mal.

Pengunjung dan Pegawai Panik

Dikutip BantenHits.com dari detik.com, aksi perampokan ini menimbulkan kepanikan pengunjung dan pegawai di mal. Beberapa toko emas langsung tutup menyusul aksi perampokan bersenjata api tersebut.

Seorang karyawati, yang meminta namanya diinisialkan sebagai R, mengatakan peristiwa perampokan itu terjadi saat jam salat Jumat. R, yang tokonya ada di dekat toko ‘Sinar Mas’, langsung tiarap saat mendengar letusan tembakan.

BACA :  Commpress Journalistic UMN, Apresiasi Karya Jurnalistik Mahasiswa

“Enggak (lihat pelaku) juga, cuma denger suaranya aja, denger suara, kita ngelihat, terus orang-orang pada ribut, kita ke bawah (tiarap) langsung,” ujar R ketika ditemui di lokasi, Jumat, 16 September 2022.

R mendengar suara gaduh saat itu. Dalam kondisi ketakutan, ia berlari menjauhi tokonya.

“Enggak lama pas itu aku juga lari ke belakang karena takut,” imbuhnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan pelaku menggunakan senjata api dalam melakukan aksi perampokan tersebut. Pelaku juga sempat melepaskan tembakan.

“Iya benar. Informasinya pelaku menggunakan bersenjata dan menurut keterangan saksi pelaku menembakkan senjata api sebanyak satu kali,” kata Zulpan.

Menurut Zulfan, pelaku datang ke mal tersebut seorang diri. Pelaku berpakaian serbahitam dan menutupi wajahnya dengan masker.

“Pelaku menggunakan masker warna hitam, topi warna hitam, celana panjang, baju warna hitam dan sarung tangan warna hitam,” ungkapnya.

BACA :  PA Serang Batalkan Status Sultan Banten ke-18 Bambang Wisanggeni

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pelaku membawa kabur sejumlah perhiasan emas dari toko tersebut.

“Sejumlah perhiasan emas diambil. Kerugian materi masih dalam proses penghitungan,” tutur Zulpan.

Kombes Zulpan mengatakan, pelaku sempat menodongkan pistol kepada sejumlah pengunjung sebelum akhirnya kabur dengan membawa sejumlah perhiasan emas.

“Sambil pelaku menodongkan senpi kepada orang yang ada di sekitar TKP setelah itu pelaku melarikan diri melalui pintu lobi satu utara sambil membawa beberapa perhiasan emas dan dikejar oleh hingga lobi utara dua tapi pelaku tidak dapat terkejar,” jelas Zulpan.

Di lokasi kejadian, lanjut Zulpan, polisi yang melakukan penyelidikan berhasil mengamankan barang bukti, salah satunya sebuah selongsong peluru.

“Barang bukti selongsong peluru dan pecahan kaca etalase,” bebernya.

Aksi Pelaku Terekam CCTV 

BACA :  Kasasi Jaksa Terhadap Putusan Bebas Tajudin Dinilai Cederai Rasa Keadilan

Kapolres Tangerang Selatan Kombes Sarly Sollu mengatakan pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut terkait perampokan di toko emas tersebut.

“Dari TKP atau pun tempat kejadian, kita sudah menyita satu buah selongsong atau pun proyektil dan beberapa pecahan kaca yang kita ambil sidik jarinya, dan rekaman CCTV baik di toko tersebut maupun sekitaran mal,” kata Sarly kepada wartawan.

Sarly mengatakan pelaku beraksi seorang diri. Pelaku sempat terekam CCTV melakukan pengintaian beberapa saat sebelum merampok toko emas tersebut.

“Karena termonitor di seputaran mal dia ada beberapa lama untuk melakukan pengintaian,” sambungnya.

Dari rekaman CCTV pelaku menggunakan pakaian serbahitam saat melakukan aksinya. Sarly menyebut sejumlah sidik jari pelaku di lokasi pun saat ini telah ditemukan penyidik.

“Beberapa sidik jari lagi dalam konfirmasi data,” tutur Sarly.

Hingga kini polisi masih menyelidiki aksi perampokan bersenjata itu. Sejumlah saksi dimintai keterangan untuk menyelidiki perampokan di toko emas tersebut.

Sumber: detik.com

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler