Connect with us

Berita Pemda

Zaki Ingin Keberadaan Kampus Bisa Penuhi Kebutuhan Pendidikan Tinggi Warga Kabupaten Tangerang

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat peletakan batu pertama pembangunan Kampus B Universitas Tangerang Raya atau Untara, Sabtu, 17 September 2022. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Beberapa dekade ke belakang, pendidikan tinggi di Kabupaten Tangerang merupakan sesuatu yang langka. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan perguruan tinggi yang mudah terjangkau, baik secara akses maupun pembiayaan.

Namun, kini mimpi mengenyam pendidikan tinggi bagi warga Kabupaten Tangerang dengan mudah bisa terealisasi. Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar setapak demi setapak mewujudkan fasilitas bagi warganya. Hingga akhirnya nanti, harapan warga tak lagi berjarak dengan kenyataaan.

Salah satu langkah kekinian yang dilakukan Zaki adalah mendorong seluruh stake holder dalam dunia pendidikan untuk terus memberikan kemudahan bagi warga Kabupaten Tangerang.

BACA :  Waduh Kejari Endus Aroma Korupsi di Salah Satu OPD Kota Cilegon; Kasusnya Masih Rahasia

Hal tersebut diutarakan Zaki saat membuka Workshop Aplikator yang merupakan kerjasama Universitas Tangerang Raya atau Untara, Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) dan Komunitas Bengkel Las Indonesia yang digelar di Aula Kampus Untara Tigaraksa, Sabtu, 17 September 2022.

Zaki berharap Untara bisa dijadikan universitas bagi masyarakat Tangerang Raya dan mampu menjawab tantangan perkembangan jaman dengan terus mengembangkan diri baik dari sarana dan prasarana maupun tenaga pendidiknya.

“Terima kasih kepada Untara yang telah hadir di Kabupaten Tangerang khususnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi,” kata Zaki seperti dilansir dalam laman resmi Pemkab Tangerang.

Menurut Zaki, Untara telah mengambil posisi dan potensi yang tepat karena mengambil sektor pendidikan sebagai peluang dan merupakan upaya mencetak SDM teknis yang kompeten, kreatif dan produktif sehingga bisa survive dan lebih mandiri.

BACA :  'Gercep' Tindaklanjut Laporan Warga Cara Iptu David Adhi Kusuma Tekan Angka Kriminalitas di Lebak

Zaki mengatakan bahwa era dan kebutuhan serta peluang kerja di Kabupaten Tangerang saat ini, salah satunya adalah pada sektor perumahan dan jasa bukan lagi industri. Untuk itu, dia mendukung dan mengapresiasi HAPI dalam upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Ke depan sangat dibutuhkan tenaga kerja yang terampil, ahli dan bersitifikat sehingga mampu bersaing baik untuk sektor bangunan maupun sektor-sektor lainnya.

“Kami berterima kasih kepada Untara, Himpunan Aplikator dan seluruh elemen lembaga-lembaga tenaga kerja yang ikut membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja di Kabupaten Tangerang pada saat ini,” ungkapnya.

Ketua Himpunan Aplikator Indonesia (HAPI) Dr. Muhammad Soleh mengatakan, salah tujuan workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitasi para tukang atau aplikator, sehingga nantinya mereka mempunyai bekal yang cukup dalam bekerja maupun dalam rangka merintis usaha sendiri.

BACA :  Pemasangan Paving Block di Kalanganyar Labuan yang Ditambal Sulam Dibongkar

“Kami dari HAPI ke depan akan terus berusaha dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan maupun pemerintah daerah untuk melakukan kegiatan dan fasilitasi dalam rangka meningkatkan kapasitas aplikator yang diharapkan para aplikator nantinya bisa terampil dan bersertifikat,” jelas Soleh.

Selain menggelar workshop bagi para aplikator, pada kesempatan itu juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampus B Untara.

Rektor Untara Ir. Moh. Mardiyana, pada acar itu meminta dukungan moral kepada Bupati Tangerang dan perangkatnya dalam rangka mewujudkan visi Untara yaitu ikut meningkatkan kecerdasan masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Mudah-mudahan dengan semakin berkembangnya Untara, bisa memfasilitas animo masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan tinggi di Tangerang. Tidak usah jauh-jauh lagi untuk melanjutkan sekolah,” kata Mardiyana.



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler