Kilatan Petir Picu Kebakaran yang Ludeskan Gedung PT Plastik Injection Indonesia

Date:

Kebakaran hebat yang dipicu kilatan petir membuat gedung PT Plastik Injection Indonesia di Jalan Padat Karya, Desa Curug Kulon, ludes terbakar.(Dok. BPBD Kabupaten Tangerang)

Tangerang – Kebakaran hebat meludeskan bangunan PT Plastik Injection Indonesia yang berlokasi di Jalan Padat Karya, No 45, RT/RW 02/06, Kelurahan Curug Kulon, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Senin sore, 19 September 2022.

Saking hebatnya kebakaran itu, kobaran api masih terlihat di sisa reruntuhan hingga Selasa dini hari, 20 September 2022.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 17.10 WIB.

Peristiwa kebakaran tersebut, diduga berawal ketika hujan lebat melanda kawasan itu. Saat itulah muncul petir yang menyambar bangunan sehingga instalasi listrik bangunan tersebut mengeluarkan api kemudian membakar seisi pabrik.

“Jadi pada waktu itu cuaca hujan disertai angin dan petir. Dugaan sementara terbakar akibat sambaran petir ke bangunan yang menimbulkan api. Api cepat merambat karena bahan yang terbakar plastik,” ungkap Munir, Selasa 20 September 2022.

Untuk menangani peristiwa kebakaran tersebut, petugas dari Markas Komando Curug terjun ke lokasi sekitar pukul 17.45 WIB untuk menjinakan amukan si jago merah yang sudah membakar seisi bangunan pabrik.

“Karena api cukup besar dan lokasi berdekatan dengan pemukiman warga, kami meminta pos-pos terdekat untuk memberikan bantuan. Awalnya pemadaman dilakukan dengan dinamis karena tidak ada alkon. Selanjutnya pihak pabrik meminjamkan alkon dan pemadaman dilakukan dengan statis, kondisi air aman karena didekat pemukiman warga ada sumber air,” terang Munir.

Menurut Munir, hingga Selasa, 20 September 2022, kobaran api masih menyala dari gedung pabrik yang sudah ambruk. Petugas yang berada di lokasi melakukan pemadaman dan pendinginan agar api tidak merambat ke pemukiman warga.

“Pada Selasa dini hari sekitar pukul 1.55 WIB api dapat diatasi oleh 40 personil yang sejak Senin sore berupaya memadamkan api. Untuk kobran jiwa tidak ada,” jelas Munir.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...