‘Kaum Sarungan’ di Kota Tangerang Suarakan Perlawanan terhadap Rentenir

Date:

Sejumlah poster ‘perlawanan’ terhadap keberadaan rentenir yang sering disebut bank keliling atau bangke di Kota Tangerang disuarakan sejumlah peserta jalan sehat sarungan yang digelar sebagai rangkaian Festival Al Azhom, Minggu, 25 September 2022.(Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Bank keliling alias Bangke atau rentenir dan aktivitas haram sejenisnya, telah banyak menjerat warga, terutama kalangan menengah ke bawah.

Kekejaman rentenir pernah dirasakan langsung pedagang nasi goreng di Labuan, Kabupaten Pandeglang. Kala itu, penggorengan sang pedagang disita rentenir gara-gara tak bisa membayar pinjaman.

Kekinian, kekejaman rentenir harus dirasakan warga Garut, Jawa Barat. Tanpa belasa kasihan sang rentenir merobohkan rumah warga yang tak sanggup membayar cicilan.

Jalan Sehat Sarungan

Dalam kegiatan jalan sehat sarungan yang merupakan rangkaian Festival Al Azhom yang digelar Minggu, 25 September 2022, muncul penampakan perlawanan terhadap rentenir. Seruan disampaikan lewat poster yang dibawa peserta jalan sehat sarungan.

Pantauan dari foto dokumentasi kegiatan , poster-poster perlawanan terhadap rentenir itu di antaranya berisikan tulisan, ‘Dari Masjid Usir Bangke’, ‘Dari Masjid Ekonomi Bangkit’, dan ‘Minjem Duit dari Masjid’.
   
Selain menyerukan perlawanan terhadap rentenir, poster-poster yang dibawa para peserta jalan sehat sarungan juga mengajak warga agar kembali memakmurkan masjid dengan mengikuti salat wajib berjamaah di masjid.

Dikutip dari laman resmi Pemekot Tangerang, Jalan Sehat Sarungan dalam rangkaian Festival Al Azhom, Kota Tangerang mendapat sambutan yang luar biasa. Tidak tanggung-tanggung, ribuan warga mengikuti Jalan Sehat Sarungan bertema batik, yang dipimpin langsung Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Jalan Sehat Sarungan tak hanya mendapat sambutan dari warga Kota Tangerang saja. Namun, dari berbagai daerah tetangga seperti Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan hingga Bogor.

“Luar biasa, setelah dua tahun tidak digelar, Jalan Sehat Sarungan tahun ini diikuti sekitar 20 ribu warga. Peserta berdatangan dari berbagai daerah, ini sangat luar biasa dan semoga menjadi keberkahan buat semua umat yang hadir begitu juga untuk Kota Tangerang tercinta,” ungkap Abdul Basit, Ketua Pelaksana Jalan Sehat Sarungan.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...