Pecatan TNI Jadi Perampok di Sinar Mas ITC BSD City Disebut ‘Pilot’ dalam Kasus Itu, Bagaimana Perannya?

Date:

Toko Sinar Mas yang berada di Lantai Dasar ITC BSD dirampok, Jumat, 16 September 2022. (FOTO: detik.com)

Jakarta – Polda Metro Jaya dan Polres Tangsel telah berhasil membekuk empat komplotan perampok emas di toko Sinar Mas ITC BSD City.

Mereka masing-masing SU (37), TH (37), MK (33), dan H (34). Salah satu tersangka inisial MK merupakan pecatan TNI. Pengejaran terhadap komplotan ini tuntas pada Kamis, 28 September 2022.

Keempat tersangka ditangkap di tiga lokasi di Kecamatan Benda, Kabupaten Tangerang; Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, hingga Grobogan, Jawa Tengah.

Para tersangka membagi peran saat beraksi, yakni tersangka TH menjadi eksekutor perampokan, MK yang pecatan TNI terlibat dalam memasok senpi, SU merupakan pengawas dan H berperan membantu pelaku menyembunyikan senjata api.

“Yang bersangkutan (MK) sebagai pilot dan pengawas. Yang bersangkutan juga penyedia senjata api,” jelas Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi seperti dilansir detik.com.

Koordinasi dengan Densus 88

Terpisah, Kapolres Tangsel AKBP Sarly Sollu mengatakan senjata api yang digunakan tersangka adalah senjata api pabrikan.

“Ini yang akan didalami oleh Densus 88, karena salah satu alat bukti yang kita amankan ini adalah (senpi) pabrikan,” ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Sarly Sollu dalam konferensi pers, Jumat, 30 September 2022.

Terkait dugaan keterkaitan para perampok dengan jaringan teroris, Kombes Hengki Haryadi mengatakan pihaknya saat ini mendalami dugaan adanya keterkaitan para pelaku dengan jaringan terorisme.

“Kami sedang mendalami apakah pelaku ini ada kaitannya dengan jaringan teroris. Kami bekerja sama dengan Densus 88 untuk mendalaminya,” ujar Kombes Hengki saat dihubungi wartawan, Jumat, 30 September 2022.

Pendalaman terkait kemungkinan para pelaku ini terkait dengan jaringan terorisme, mengingat ada kesamaan ciri khas kelompok teroris yang melakukan pendanaan (fai) dengan merampok toko emas. Apalagi, kelompok ini bersenjata.

Hal ini juga mengingat adanya rentetan perampokan tiga toko emas di wilayah Tangerang Selatan dan Banten. Menurut Hengki, kelompok teroris dalam kegiatan fai biasanya sasarannya toko emas atau bank, sehingga pihaknya dengan Densus 88 akan mendalami lebih lanjut.

“Komplotan ini sasarannya selalu toko emas, rentetan tiga toko emas di wilayah Tangsel dan Banten. Biasanya kalau fai itu rampok bank atau rampok toko emas menggunakan senjata api,” jelasnya.

Sumber: detik.com

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Berita Banten - Sektor pertanian di Banten memiliki potensi...