Connect with us

Berita Terbaru

Meriah! Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Bangun Negeri Antikorupsi’ Tiba di Cilegon

Published

on

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Amir Arief bersama Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian saat berfoto bersama di stand Kejari Cilegon.(BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Pembukaan Roadshow Bus KPK dengan tema ‘Jelajah Bangun Negeri Antikorupsi’ yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Cilegon, Selasa, 4 Oktober 2022 berlangsung meriah.

Roadshow Bus KPK ke Kota Cilegon tersebut merupakan agenda kunjungan dalam rangka menanamkan perilaku anti-korupsi kepada seluruh elemen masyarakat mulai dari sipil, pelajar, ormas dan unsur pemerintahan Kota Cilegon melalui pendekatan pendidikan dan pencegahan.

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Amir Arief mengatakan, pemberantasan korupsi tidak melulu dengan cara penindakan dan penangkapan, melainkan salah satunya melalui pendidikan dan pencegahan.

BACA :  Komisi III Sebut Rp45,7 M untuk Infrastruktur di Pandeglang Tak Realistis

“Pemberantasan korupsi itu harus dengan tiga pendekatan. Penindakan dan penangkapan itu hanya satu pendekatan, tapi kita hari ini dengan pendekatan pendidikan dan pencegahan. Pendidikan seperti ini adalah edukasi, sedangkan pencegahan adalah pekerjaan panjang dari Pak Wali Kota dan seluruh jajaran Pemkot memperbaiki tata kelola, meningkatkan MCP ada 8 indikator pencegahan dan itu menjadi tanggung jawab Pemkot Cilegon bersama-sama dengan KPK dan berbagai pemangku kepentingan yang lain,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Amir Arief menyampaikan, upaya pemberantasan korupsi melalui pendekatan pendidikan dan pencegahan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendidik generasi muda agar berperilaku anti korupsi di masa yang akan datang.

“Hasilnya kapan? Hasilnya tidak akan bisa dilihat dalam jangka waktu pendek untuk meningkatkan pemahaman dan perilaku. Idealnya adalah hasil dari pendidikan hari ini nanti bisa meningkat di beberapa bulan mendatang, beberapa tahun mendatang. Kita lihat survey indeks pemahaman peningkatan awareness (kesadaran) perilaku anti korupsi di masyarakat. Idealnya harusnya meningkat indeksnya,” ujarnya.

BACA :  Derita Tumor Ganas, Bocah Berusia 1,5 Tahun di Cigeulis Pandeglang Butuh Bantuan

Sementara itu, Sekretaris Inspektorat Kota Cilegon Noviyogi mengaku bangga Kota Cilegon menjadi salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan dari Roadshow Bus KPK.

Ia berharap dengan adanya Roadshow Bus KPK tersebut, seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan Kota Cilegon dapat memahami pentingnya memberantas korupsi.

“Luar biasa, kebanggaan. Mudah-mudahan kita semua baik para pejabat, seluruh masyarakat memahami pencegahan korupsi dan mengerti apa yang harus dilakukan,” ucapnya.

Sebagai informasi, Roadshow Bus KPK itu telah dilaksanakan sejak 9 September – 9 Oktober 2022 mendatang di sembilan kota/kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.

Roadshow Bus KPK tersebut nantinya akan menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga anti rasuah untuk menanamkan perilaku anti-korupsi.

BACA :  Korban Tewas Kebakaran Pabrik Petasan di Kosambi Bertambah Jadi 23 Orang

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler