Maksimalkan Fungsi Graha POSCO, KRAKATAU POSCO Gelar Beragam Pelatihan bagi Masyarakat

Date:

Masyarakat yang menjadi peserta pelatihan kerja di Graha POSCO. Kegiatan pelatihan dilakukan KRAKATAU POSCO untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi warga. (Istimewa)

Cilegon – KRAKATAU POSCO telah menjalankan beberapa program untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi beserta keterampilan generasi muda dan masyarakat luas di Kota Cilegon agar dapat bersaing di pasar tenaga kerja maupun dalam hal berwirausaha.

POSCO melalui KRAKATAU POSCO telah berhasil menuntaskan pembangunan Graha POSCO Community Learning Center (“Graha POSCO”) yang bekerjasama dengan Habitat for Humanity Indonesia dan Kontraktor Cilegon selaku mitra kerja di Indonesia.

Segera setelah diresmikannya gedung pusat pembelajaran masyarakat ini, KRAKATAU POSCO mulai menggelar berbagai pelatihan berbasis kompetensi dan keahlian bagi warga Cilegon khususnya yang berada di sekitar kawasan industri.

Bekerjasama dengan KPSE-SI sebagai anak perusahaan sekaligus Social Belt bagi KRAKATAU POSCO, kegiatan dilaksanakan sejak akhir Agustus 2022 sebagai tahapan awal. Pelatihan yang diberikan berupa pembuatan kerajinan tangan, kuliner, pelatihan seni kasidah, dan pelatihan bahasa asing.

Pelatihan kerajinan tangan dilaksanakan dengan memberikan wawasan kepada warga sebagai peserta tentang cara pembuatan hantaran pengantin.

Hal ini diimplementasikan karena keahlian dalam mengolah hantaran pengantin dapat menjadi sebuah peluang usaha mengingat tradisi “seserahan” masih dijalankan oleh masyarakat.

Pelatihan keterampilan pada bidang kuliner tak perlu dipertanyakan lagi fungsinya. Bisnis kuliner mengalami perkembangan yang pesat dari waktu ke waktu.

Dalam bidang kuliner, peserta selalu diafirmasi bahwa masakan atau makanan yang istimewa harus mengacu pada resep yang istimewa juga agar bisa meningkatkan nilai jual.

Jika kreativitas berbuah hasil yang memuaskan, tentunya roda ekonomi akan berputar secara positif dan signifikan terutama bagi masyarakat yang menjalankan usahanya.

Pada kelas inspirasi pelatihan bahasa asing, sasaran peserta yakni pelajar SMA, mahasiswa, dan muda-mudi pekerja maupun yang berwirausaha.

Pelatihan bahasa yang diberikan merupakan Bahasa Korea dan Bahasa Inggris. Khususnya Bahasa Inggris, kegiatan berfokus pada percakapan sehari-hari dan melatih kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari untuk pesertanya.

Pelatihan dibangun secara interaktif agar ilmu yang ingin disampaikan para instruktur maupun karyawan Perusahan yang mengajar dapat diserap dan diterima dengan maksimal oleh para peserta.

Kontribusi Perusahaan pada hal peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Cilegon khususnya di wilayah terdekat dengan Pabrik Baja Terpadu dilaksanakan melalui beragam kegiatan.

Penghargaan Nation Builder yang diterima KRAKATAU POSCO di acara Habitat Indonesia Award. Penghargaan diberikan atas komitmen KRAKATAU POSCO mendukung dan meningkatkan kompetensi warga sekitar. (Istimewa)

Selain pembangunan Graha POSCO sebagai fasilitas pusat kegiatan warga, kegiatan lainnya yakni meliputi pembangunan rumah layak huni, fasilitas sanitasi, dan renovasi sekolah.

Hal ini pulalah yang menghantarkan KRAKATAU POSCO dalam keberhasilannya meraih penghargaan tertinggi yaitu pada kategori Nation Builder di acara Habitat Indonesia Award.

Acara ini dihelat oleh Habitat for Humanity Indonesia pada Selasa, 20 September 2022 yang berlangsung di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Jakarta.

Penghargaan ini disematkan kepada KRAKATAU POSCO sebagai penghargaan khusus bagi perusahaan yang telah membangun desa serta mendukung program tanggap bencana dalam rangka membangun bangsa yang lebih kuat.

Di sela-sela acara penghargaan tersebut, Edwin Sumiroza selaku PR & GA Department Head KRAKATAU POSCO yang hadir mewakili manajemen Perusahaan menyampaikan rasa terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan dan berharap hal ini akan menjadi dorongan semangat bagi Perusahaan untuk berdedikasi dan berkontribusi positif kepada masyarakat secara berkelanjutan, agar seluruh pihak dapat tumbuh dan maju bersama.

Dibangunnya Graha POSCO memiliki pengharapan agar masyarakat dapat memaksimalkan fungsi dan fasilitas yang ada dan berpartisipasi aktif mengikuti program-program yang diberikan dengan baik, secara konsisten agar manfaatnya dapat terus dirasakan secara berkesinambungan sampai dengan ke beberapa generasi mendatang.(ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related