Realisasi PAD Lebak Baru Capai 80 Persen, Target 2022 Ini Rp 170 M

Date:

Kepala Bapenda Lebak Hari Setiono saat memberikan sambutan dalam acara Apresiasi Pajak Daerah 2019 di Hall Latansa Mashiro, Rabu, 30 Oktober 2019. Dalam kesempatan tersebut Bapenda juga melaunching sistem SIMPAL untuk meningkatkan pelayanan pajak.(Dok.BantenHits.com)

Lebak – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lebak mencatat realisasi Pendapatan Asli Daerah atau PAD tahun 2022 sudah mencapai 80 persen atau sekitar Rp 140 miliar.

Di 2022 ini, target PAD Kabupaten Lebak dari komponen pajak daerah dan retribusi senilai Rp 170 miliar.

“Sekarang sudah tercapai di atas 80 persen dari target, ya sekitar hampir Rp 140 miliar lah,” kata Kepala Bapenda Lebak, Hari Setiono, melalui WhatsApp, Minggu, 16 Oktober 2022.

Menurut Hari, ada 11 jenis pajak daerah yang berkontribusi untuk PAD Lebak mulai dari pajak hotel, restoran, reklame, hiburan, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penerangan Jalan (PPJ), pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam, pajak parkir, dan pajak air tanah.

“Beberapa seperti PPJ, lalu pajak mineral bukan logam, BPHTB dan PBB cukup besar memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah,” ucap Hari.

Sementara, untuk sektor retribusi berasal dari 11 OPD pengampu di antaranya Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Peternakan, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Kalau untuk retribusi dari OPD tidak terlalu besar ya. Tapi Insya Allah target tercapai lah,” katanya.

“Kita optimis karena Kami juga terus menerus berupaya, misalnya untuk PBB ya kami terus tagih,” tambah dia.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Lebak, Budi Santoso meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu PAD untuk kerja keras memenuhi target menjelang akhir tahun 2022.

“Iya, waktu rapat dinas kemarin saya minta kepada OPD-OPD pengampu bisa kerja lebih keras supaya bisa memenuhi target PAD tahun ini,” ungkap Budi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...