‘Lumpur Lapindo’ Hantui Warga Pekayon Sukadiri Tangerang, BPBD Lakukan Ini di Sumur yang Semburkan Gas dan Minyak

Date:

Petugas BPBD Kabupaten Tangerang saat meninjau galian sumur air yang menyemburkan gas dan minyak di Kampung Kebon Kelapa, Desa Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Senin, 17 Agustus 2022. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Warga Kampung Kebon Kelapa, Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang khawatir fenomena ‘Lumpur Lapindo’ terjadi di wilayah mereka, menyusul munculnya semburan gas dan minyak di lokasi pengeboran air milik salah seorang warga, Senin, 17 Agustus 2022.

Dilansir situs resmi Pemkab Tangerang, semburan terjadi saat warga sedang mencari sumber air bersih dengan mengebor tanah di kedalaman 8 meter. Namun, air yang keluar keruh dan kotor sehingga pengeboran ditambah lagi ke kedalaman 10 meter.

Pada saat penambahan kedalaman, tiba-tiba sumber air tidak terkendali keluar dari dalam lubang pengeboran disertai bau gas yang menyengat disertai minyak dan menyembur sampai 1 meter.

Kekinian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang memastikan sumur yang diduga mengandung gas dan minyak telah ditutup oleh warga.

“Betul tadi kita pastikan sumur yang diduga mengandung gas dan minyak, sudah ditutup oleh warga menggunakan batu split dan pasir sehingga air dalam sumur tidak keluar lagi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Munir saat meninjau lokasi, Senin, 17 Oktober 2022.

“Tadi juga kami arahkan agar sumur tersebut ditutup secara permanen menggunakan semen dan mengarahkan pengeboran air di tempat yang lain,” sambungnya.

Selain melakukan penutupan di lokasi galian sumur, lanjut Munir, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang untuk mengambil langkah antisipasi lanjutan di lokasi.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...