DPKP Kabupaten Tangerang: Puskagro yang Dibangun Bupati Zaki Perwujudan Program Tangerang Mandiri Tahan Pangan

Date:

Jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang berfoto dengan komoditi yang dihasilkan di Pusat Kawasan Agropolitan atau Puskagro. DKPP memastikan Puskagro mampu tingkatkan ketersediaan pangan di Kabupaten Tangerang.(FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Pembangunan Pusat Kawasan Agropolitan (Puskagro) merupakan upaya meningkatkan ketersediaan pangan di Kabupaten Tangerang yang terhimpun dalam Program Unggulan Tangerang Mandiri Tahan Pangan atau Tangerang Mantap.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika. Seperti diketahui, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar telah meluncurkan Gedung Puskagro pada Senin, 10 Oktober 2022. Kawasan tersebut terletak di Kampung Pisangan Talang, Desa Sarakan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

“Di sini semua akan terpusat pada penjualan yang sudah kita bangun di tempat agropolitan atau di tempat pengelolaan hasil dari produk pertanian, sehingga para petani di sini tidak perlu susah-susah lagi menjual ke tempat lain,” ucap Asep Jatnika seperti dilansir laman resmi Pemkab Tangerang.

Optimalisasi pembudidayaan berbagai produk hortikultura, lanjutnya, tidak hanya pada sektor hilir tetapi juga pada sektor hulu, agar produk hortikultura yang dihasilkan dapat memiliki nilai jual tinggi serta melakukan penataan agar memiliki nilai estetika.

“Kawasan tersebut dapat menjadi barometer terlaksananya peningkatan ketersediaan pangan pokok yaitu beras, dengan mengoptimalkan produktivitas lahan-lahan pertanian, terutama yang berada di Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan (KP2B) serta melakukan peningkatan produksi,” katanya.

Tak hanya sebagai pusat agropolitan, nantinya tempat tersebut akan terus dikembangkan menjadi tempat eduwisata ataupun tempat edukasi, serta tempat pembelajaran tentang pertanian yang ada di Kabupaten Tangerang.

Kawasan seluas 8 hektare tersebut menitikberatkan pada 21 komiditas holtikultura, di mana masing-masing kluster sudah terintegrasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya Puskagro ini bisa dimanfaatkan par buy 5 a petani, dan nantunya bisa lebih meningkatkan lagi produktivitas maupun kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten Tangerang,” harapnya.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related